EKSPERIMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

NIRA, HOLIFAH (2022) EKSPERIMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIRA HOLIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika adalah suatu hal yang diperlukan setiap peserta didik sebagai bekal dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika. Berdasarkan hasil prapenelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis peserta didik di SMP N 9 Tulang Bawang Barat masih rendah, hal ini terlihat dari hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (nilai ≥ 75) sebanyak 20 dari 91 peserta didik dan untuk tes awal kemampuan berpikir kritis terdapat 18 dari 91 peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (nilai ≥ 75). Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan menggunakan pretest dan postest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMP N 9 Tulang Bawang Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 5% dan memperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh blended learning berbasis google classroom dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemecahan masalah dan berpikir kritis (2) terdapat pengaruh blended learning berbasis google classroom dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemecahan masalah, dan (3) terdapat pengaruh blended learning berbasis google classroom dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan berpikir kritis. Kata Kunci: Blended Learning; Google Classroom; Saintifik; Pemecahan Masalah; Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:14
Last Modified: 03 Aug 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item