PERILAKU KELUARGA NIKAH SIRI DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA 3 KELUARGA DI DESA PAMPANGAN KECAMATAN SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT)

ROTIO, SIREGAR (2022) PERILAKU KELUARGA NIKAH SIRI DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA 3 KELUARGA DI DESA PAMPANGAN KECAMATAN SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of ROTIO FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Dalam membentuk kerukunan dalam keluarga perlu adanya sosialisasi dan perilaku yang baik antara keluarga dan seluruh anggota keluarga. Dalam sosialisasi antara keluarga dan pasangan yang menikah siri dan juga perilaku pasangan yang menikah siri dalam menyikapi sikap dan tindakan keluarga di Desa Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat guna membentuk keharmonisan dalam keluarga sehingga terciptanya kerukunan dalam keluarga yang di inginkan pada setiap keluarga dan juga para anggota keluarga. Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana sosialisasi antara pasangan yang melakukan nikah siri dengan pihak keluarga dan juga bagaimana perilaku pasangan yang menikah siri dalam menyikapi sikap dan tindakan dari lingkungan keluarga (studi kasus pada 3 keluarga di Desa Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat). Penelitian ini penulis meneliti 3 keluarga di Desa Pampangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) sosialiasasi antara pasangan yang melakukan nikah siri dengan pihak keluarga (studi kasus pada 3 keluarga di Desa Pampangan Kecamtan Sekincau Kabupaten Lampung Barat); 2) perilaku pasangan yang menikah siri dalam menyikapi sikap dan tindakan dari lingkungan keluarga (studi kasus pada 3 keluarga di Desa Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat). Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung kepada subjek yang diteliti, bersifat deskriptif, untuk mendapatkan data-data dari permasalahannya. Sumber data untuk penelitian ini di dapatkan dari beberapa narasumber di Desa Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa perilaku keluarga nikah siri dalam bersosialisasi di lingkungan keluarga (studi kasus pada 3 keluarga Di Desa Pampangan Kecamatan Sekincau Kabupaten iv Lampung Barat) berjalan dengan baik dan tidak baik. Sosialisasi keluarga terhadap pasangan yang menikah siri berjalan dengan baik pada satu keluarga karena adanya penerimaan keluarga terhadap keputusan pasangan tersebut untuk menikah siri sedangkan pada dua keluarga berjalan dengan tidak baik karena adanya penolakan dari pihak keluarga terhadap keputusan pasangan untuk menikah siri. Untuk perilaku pasangan yang menikah siri dalam menyikapi sikap dan tindakan keluarga adalah mereka selalu menghormati keluarga mereka apapu perlakuan keluarga terhadap mereka karena mereka menyadari bahwa ini bentuk konsekuensi dari keputusan yang mereka ambil dimana dalam hal ini adalah pernikahan siri. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling Islam, Sosialisasi Keluarga dan Perilaku Pasangan Nikah Siri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:48
Last Modified: 03 Aug 2022 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item