ENGARUH MODELBLENDED LEARNINGBERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X

ELZI, SUKAESIH (2022) ENGARUH MODELBLENDED LEARNINGBERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ELZI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X Oleh: Elzi Sukaesih 1811060392 Penelitian dilakukan dengan latar belakang bahwa kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantukan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Populas dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Blambangan Umpu. Sampel penelitian merupakan kelas X MIA 1 dan X MIA 3. Metode penelitian ini termasuk jenis Quasy Experiment dengan desain Pretest dan Posttest. Uji hipotesis penelitian menggunakan One Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model model pembelajaran Blended Learning berbantukan Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Hasil tersebut dibuktikan dengan Sig untuk kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar keduanya menunjukkan nilai 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil daripada 0,005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci: Blended Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Edmodo, Motivasi Belajar iv ABSTRACT PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X Oleh: Elzi Sukaesih 1811060392 The research was conducted with the background that the critical thinking skills and learning motivation of class X students at SMA Negeri 1 Blambangan Umpu are still relatively low. The purpose of this study was to determine the effect of the Edmodo-assisted Blended Learning model on critical thinking skills and students' learning motivation. The population in this study were all class X SMA Negeri 1 Blambangan Umpu. The research sample is class X MIA 1 and X MIA 3. This research method includes the type of Quasy Experiment with Pretest and Posttest designs. Test the research hypothesis using One Sample T-Test. The results showed that there was an effect of the Edmodo-assisted Blended Learning model on critical thinking skills and students' learning motivation. These results are evidenced by the Sig for critical thinking ability and learning motivation both showing a value of 0.000 which is smaller than 0.005 so that H0 is rejected and H1 is accepted. Keywords: Blended Learning, Critical Thinking Ability, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:55
Last Modified: 03 Aug 2022 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20263

Actions (login required)

View Item View Item