TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTEK PENGOLAHAN SUSU SAPI SEGAR DALAM UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

JULI, ALPARES (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTEK PENGOLAHAN SUSU SAPI SEGAR DALAM UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL JULI ALPARES.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiap manusia pada dasarnya memiliki hak untuk memenuhi kebutuhan salah satunya adalah susu yang merupakan kelengkapan gizi yang terkandung di dalamnya. Gisting Dairy Farm merupakan tempat produksi susu sapi perah yang berlokasi di Desa Sidokaton, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, merupakan hasil dari rintisan peternakan sapi perah yang sudah ada di Gisting sejak 2017. Pusat produksi susu sapi perah yang ada di Lampung yang diberi nama Gisting Dairy Farm dengan luas kurang lebih 2200 m². Saat ini total sapi perah Gisting Dairy Farm ini mencapai 38 ekor. Survey yang dilakukan penulis di Gisting Dairy Farm pengolahan susu sapi segar dilakukan sesuai dengan SOP baku dalam proses pemerahan susu, pemindahan susu, penyimpanan susu, dan pengemasan susu yang didistribusikan dalam berbagai produk kemasan kepada konsumen dengan mutu yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang susu segar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana praktek pengolahan susu sapi segar dalam upaya perlindungan konsumen di peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dan 2. Bagaimana pandangan Hukum Islam tentang praktek pengolahan susu sapi segar dalam upaya perlindungan konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek pengolahan susu sapi segar serta pandangan Hukum Islam dalam upaya perlindungan konsumen di peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Praktek pengolahan susu sapi segar di peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus sudah melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku dalam proses pemerahan susu, pemindahan susu, penyimpanan susu, dan pengemasan susu yang didistribusikan dalam berbagai produk kemasan kepada konsumen dengan mutu yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang susu segar. Pandangan Hukum Islam terhadap praktek pengolahan susu sapi segar di peternakan Gisting Dairy Farm Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dilaksanakan dengan metode yang halal dengan cara-cara yang dianjurkan dalam ajaran Islam sehingga diridhai oleh Alah SWT yaitu makanan halal dan thoyyib yang higienis dan bergizi, sehingga susu sapi segar merupakan makanan halal maka makanan ini termasuk ke dalam kategori yang baik bagi kaum muslimin. Akan tetapi produk ini belum mencantumi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dari Dinas Kesehatan setempat. Selain itu juga belum mengantongi label halal dari MUI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:44
Last Modified: 02 Aug 2022 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20250

Actions (login required)

View Item View Item