MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH BERBASIS SISTEM INFORMASI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KEDATON BANDAR LAMPUNG

SITI, NUR RAHMA (2022) MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH BERBASIS SISTEM INFORMASI DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Siti Nur Rahma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen (management) telah diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, keraraoengurusan, administrasi, dan sebagainya. Masing-masing pihak dalam memebrikan istilah diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka. Pelayanan publik merupakan pelayanan yang diberikan oleh suatu instansi yang mempunyai tugas untuk mengukur, mengakomodir, dan menyelesaikan hingga tuntas atas apa yang menjadi keperluan seseorang atau pihak secara umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. SIMKAH merupakan suatu bentuk pemoderenan dalam pencatatan nikah yang harus dilakukan di KUA, dalam beberapa aturan pencatatan nikah yakni dalam PMA Nomor 11 Tahun 2007 tentang pencatatan nikah beberapa pasal ada yang mengatur pencatatan dilakukan masih secara manual namun dengan SIMKAH ini pencatatan dilakukan dengan adanya akses internet di setiap KUA terutama KUA kedaton dan harus dilakukan oleh orang-orang tertentu yang dimaksud ialah para penghulu atau para pegawai di KUA yang memahami tentang internet. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui manajemen pelayanan nikah berbasis sistem informasi nikah di Kantor Urusan Agama Kedaton. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Prosedur pengumpulan data adalah sebuah tatacara yang dilakukan untuk mencari, mengumpulkan dan memperoleh data dari responden serta informasi yang telah ditentukan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data sesuai dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi dan panduan wawancara mendalam pada narasumber untuk mengetahui manajemen pelayanan nikah berbasis sistem informasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Bandar Lampung. Berdasarkan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di Kantor Urusan Agama (KUA) Bandar Lampung, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pelayanan Nikah Berbasih Sistem Informasi Di KUA kedaton secara manajeman alur yang ada di web SIMKAH harus mengikuti alur atau SOP yang sudah ditetapkan didalam regulasi tentang pencatatan nikah sebagaimana yang telah diatur dalam PMA pencatatn nikah nomor 20 tahun 2019 maupun teknis blangko bentuk format NA nya yaitu dirjen nomor 473 pencatatan nikah. Kata kunci : Manajemen, Pelayanan, SIMKAH

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:41
Last Modified: 02 Aug 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20249

Actions (login required)

View Item View Item