IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKANDALAM ASPEK PENGAWASAN DAN EVALUASI DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Indah, Nurvita Sari (2022) IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKANDALAM ASPEK PENGAWASAN DAN EVALUASI DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of INDAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah perlu adanya kegiatan pengawasan dan evaluasi yang baik yang sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam aspek pengawasan dan evaluasi di salah satu sekolah menengah atas yaitu Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi standar pengelolaan Pendidikan dalam aspek pengawasan dan evaluasi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung? Penelitian ini berdasarkan pada Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam aspek pengawasan dan evaluasi yang terdiri dari: (1) program pengawasan; (2) evaluasi diri; (3) evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan; serta (4) akreditasi sekolah/madrasah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru dan Tenaga Kependidikan, dan objek penelitiannya yaitu implementasi standar pengelolaan Pendidikan dalam aspek pengawasan dan evaluasi di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pencermatan dokumen. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru, dan Tenaga Kependidikan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Data dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Program iv pengawasan pada pengelolaan Pendidikan di MA Al-Hikmah Bandar Lampung berjalan dengan baik karena Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung menyusun program pengawasan secara obyektif, bertanggung jawab dan berkelanjutan, lalu penyusunan program pengawasan di sekolah/madrasah didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan. Pengawasan pengelolaan sekolah/madrasah meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. (2) Evaluasi diri pada pengelolaan pendidikan di MA Al-Hikmah Bandar Lampung berjalan dengan baik dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Madrasah menggunakan aplikasi evaluasi diri madrasah (EDM ) yang dibuat oleh kementerian agama, yang merupakan sebuah terobosan penting untuk mendorong tata kelola pendidikan yang efektif dan efisien. (3) Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada pengelolaan Pendidikan di MA Al-Hikmah Bandar Lampung berjalan dengan baik karena direncanakan secara komprehensif, yang meliputi kesesuaian penugasan dengan keahlian beban kerja, dan kinerja pendidik/ tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas (4) Akreditasi sekolah/madrasah di MA Al-Hikmah Bandar Lampung yaitu berdasarkan petikan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M Provinsi Lampung dinyatakan terakreditasi dengan Nilai 87 Peringkat B Predikat Baik, optimalisasi peningkatan akreditasi di MA Al�Hikmah Bandar Lampung dilakukan secara berkesinambungan. Kata Kunci: Standar Pengelolaan Pendidikan, Pengawasan dan Evaluasi v ABSTRACT In improving the quality of education in schools needed the monitoring and evaluation of a good education management. according to the standard. The research is an attempt to find out the implementation of standards in the aspect of education management supervision and evaluation at one high school and Madrasah aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. The main question want answered through research this is how the standard education institutions regarding supervision and evaluation in Madrasah aliyah Al Hikmah Bandar Lampung? Research is based on permendiknas No. 19, 2007 about education institutions by the standard of primary and secondary education. This research is, field research where writers do research in the location to obtain. And collect dataThis study attempts to described the implementation of standards in the aspect of education management supervision and evaluation consisting of: ( 1 ) monitoring program; ( 2 ) evaluation themselves; ( 3 ) evaluation teachers and administrative and teaching staff; ( 4 ) . Islamic school accreditation. Type of this study used a qualitative approach descriptive.Subject in research madrasah this is chief, curriculum waka, teachers and staff, and object implementation research the standard education institutions regarding supervision and evaluation in Madrasah aliyah Al-hikmah Bandar Lampung. Data collection techniques using interviews, observation and selected documents. A source of information in this study is the head madrasah, waka curriculum , teacher and of teaching staff.Test the validity of data was undertaken with triangulation sources and triangulation. Technique data analyzed by phases of the organized, data the reduction of, data the stereotype, by category display data, and the withdrawal of conclusion. The result showed as follows. ( 1 ) surveillance program on the management of education in MA Al-hikmah Bandar Lampung went well because madrasah aliyah al-hikmah bandar lampung draw up the surveillance program objectively, Responsible and sustainable, vi and the monitoring programs established school / madrasah based on national education standards. Management control / school islamic covering monitoring , supervision , evaluation , reporting , and follow up the supervision. ( 2 ) evaluation on education institutions in ma wisdom bandar lampung run well and be done in stages. Islamic schools were application evaluation self islamic schools ( EDM ) made by the ministry of religious affairs , that is a breakthrough important to encourage governance education effective and efficient. ( 3 ) evaluation utilization of teachers and education staff on education in MA Al-hikmah bandar lampung work well because of planned in a comprehensive manner , which includes the state in conformity with sophistication the workloads , and performance educator / of teaching staff in the execution of a task. (4 ) accreditation / islamic school in MA Al-hikmah Bandar Lampung based on the passage the decree on the accreditation BAP-S/M lampung province declared accredited with a score of 87 with a B rating of good predicate, the optimization of accreditation improvement at MA Al-Hikmah Bandar Lampung was carried out officially. Keywords : Education Management, Monitoring and Evaluation Standards

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:52
Last Modified: 02 Aug 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item