PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARANTAR (PAPAN PUTARAN PINTAR) DENGAN SURPRISE BOX BERBASIS ANDROID PADA PELAJARAN IPA

LINGGA, NUR HALYZA. M (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARANTAR (PAPAN PUTARAN PINTAR) DENGAN SURPRISE BOX BERBASIS ANDROID PADA PELAJARAN IPA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKIRPSI LINGGA NUR HALYZA. M.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran bartugas mengarahkan proses agar sasaran dari perubahan itu dapat tercapai sesuai yang diinginkan, pengembangan kurikulum terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan begitu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pinter) dan surprise box berbasis android pada muatan pelajaran IPA kelas V?, (2) bagaimana kelayakan desain media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dan surprise box berbasis android? , (3) bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dan surprise box?, (4) bagaimana respon guru terhadap media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dan surprise box?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dengan surprise box berbasis android pada muatan pelajaran IPA kelas V (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dengan surprise box berbasis android (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dengan surprise box berbasis android (4) mengetahui respon guru terhadap media pembelajaran PARANTAR (papan putaran pintar) dengan surprise box berbasis android. Manfaat pengembangan dibagi menjadi 2 yaitu manfaat pengembangan bagi peserta didik, bagi pendidik, dan bagi sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Penelitian ini mengacu pada metode penelitian ADDIE, model ini mencakup: Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 2 Tanjung Senang dan MIN 3 Bandar Lampung. Data penelitian ini deperoleh dengan wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan iii angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori 87% dan 89% dengan katagori sangat layak. Penilaian ahli bahasa pada media pembelajaran sangat layak dengan presentase 85% dan penilaian ahli media 84% dengan katagori sangat layak. Pada uji coba skala kecil di MIN 3 Bandar Lampung dengan peserta didik 10 orang memperoleh presentase 87% dan skor 437 dengan skor maksimal 500. Pada uji coba lapangan skala besar di SDN 2 Tanjung Senang yang diikuti oleh 27 peserta didik diperoleh presentase 91% dengan skor 1,235 dan skor maksimal 1,350 dengan keterangan sangat layak dijadikan media pembelajaran Kata Kunci: Media Pembelajaran, media PARANTAR dengan surprise box, ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:11
Last Modified: 02 Aug 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item