KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Faza, Andrisa Putri (2022) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Faza Andrisa Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, namun permasalahan yang terjadi adalah belum maksimalnya pengelolaan kelas dan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari adanya beberapa kelas dan pengaturan bangku serta penataan perlengakapan kelas yang belum tertata dengan baik, adanya siswa yang tidak memberi respon selama pembelajaran, takut dengan guru sehingga tidak berani untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat, kurang minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas, kendala, dan solusi terhadap kendala pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa sudah baik, hal ini terlihat dari pengaturan dan pengelompokan siswa yang menggunakan formasi duduk berhadapan, berdasarkan kesenangan berkawan dan kemampuan siswa, pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, adanya rasa ingin tahu yang besar sehingga siswa berani dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat, serta aktif dalam diskusi kelompok. Kendala dan solusi terhadap kendala pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah adanya guru yang menerapkan pembelajaran monoton sehingga dilakukan bimbingan dalam pembuatan RPP, adanya sikap guru tidak fokus selama mengajar sehingga dilakukan pemanggilan khusus oleh kepala sekolah, dan adanya siswa yang melanggar aturan sehingga diberi tindakan berupa motivasi, sanksi ataupun dikeluarkan dari sekolah. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar, Peserta Didik iv iv ABSTRACT Good class management skills can increase student activity in learning, but the problem that occurs is that class management and student learning activities are not optimal. This can be seen from the existence of several classes and bench arrangements as well as the arrangement of classroom equipment that has not been well organized, the presence of students who do not respond during learning, afraid of the teacher so they do not dare to ask questions and express opinions, lack of student interest in learning. The purpose of this dtudy was to determine classroom management, constraints, and solution to classroom management constraints in increasing student learning activity at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The type of research using a descriptive approach, with principals subjects. Data collection, interviews, and documentation. The results showed that classroom management in increasing student learning activity was goog, this could be seen from the arrangement and grouping of students who used a sitting formation facing each other, based on the pleasure of making friends and students’ abilities, an approach adapted to student needs, a great curiosity so that students dare to ask questions and express opinions, as well as active in group discussions. Contraints and solutions to classroom management constraints in increasing student learning activity are the presence of teachers who apply monotonouns learning so that guidance is carried out in making lesson plans, the techer’s attitude is not focused during teaching so that a special call is made by the principal, and there are stufent who violate the rules so that they are given action. In the form of motivation, sanctions or expulsion from school. Keywords: Classroom, Management, Learning Activities, Student

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:56
Last Modified: 02 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

View Item View Item