PENGEMBANGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Siska, Wulandari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SISIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Microsoft Office PowerPoint berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi sistem pernapasan manusia serta untuk mengetahui kelayakan di MTs Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur dan mengetahui efektifitas media untuk meningkatkan hasil belajar kognitif guna menghasilkan bahan ajar berupa video pembelajaran berbentuk animasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) Model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluation) merupakan acuan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini yang dimodifikasi oleh sugiono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi serta pendidik dan respon peserta didik. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian skala likert untuk menentukan kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media Microsoft Office PowerPoint berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP/Mts. Kriteria yang didapat dari ahli materi adalah sangat layak dengan skor penilaian sebesar 85,00% kemudian skor penilaian dari ahli media sebesar 81,33% dengan kriteria sangat layak, selanjutnya dari hasil uji coba produk media kepada sepuluh peserta didik ini diperoleh skor sebesar 82,15% dengan kriteria sangat menarik, dan dilihat nilai rerata n-gain peserta didik adalah 0,82% dengan perolehan kategori tinggi. Kata Kunci : Pengembangan media Microsoft Office PowerPoint berbasis video animasi, meningkatkan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:41
Last Modified: 02 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20217

Actions (login required)

View Item View Item