TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI LARVA BLACK SOLDIER FLY (BSF) (Studi kasus pada Grup Facebook Koloni BSF Lampung)

Achmad, Syauki Nugraha (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI LARVA BLACK SOLDIER FLY (BSF) (Studi kasus pada Grup Facebook Koloni BSF Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Achmad Syauki Nugraha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Secara lahiriah maggot atau larva BSF memiliki bentuk yang menjijikan. karena permasalahan menjijikan itu bersifat sangat relatif, di mana atara satu orang dengan yang lain berbeda, maka jual beli terhadap objek atau benda yang menjijikkan tersebut dapat terjadi. Hal itu menunjukan bahwa sifat “menjijikan” sekarang telah mengalami perubahan, terbukti dengan banyaknya ditemukan jual beli cacing, jual beli ulat, jangkrik, bekicot, larva, ular yang saat ini sering kita temukan bahkan biasa dilakukan. Seperti halnya praktek jual beli yang dilakukan oleh anggota grup Facebook koloni BSF Lampung pada media sosial Facebook. Di mana para anggota grup tersebut terdiri dari para peternak, penjual dan pembeli. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk menelusuri dan meneliti mengenai “Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Larva BSF (Studi Kasus Pada Grup Facebook Koloni BSF Lampung)”. Rumusan dalam penelitian ini adalah Pertama bagaimana praktek jual beli larva BSF digrup Facebook Koloni BSF Lampung. Kedua bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik jual beli larva BSF digrup Facebook Koloni BSF Lampung. Tujuan penelitian ini adalah Pertama untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli larva BSF digrup Facebook Koloni BSF Lampung. Kedua Untuk mengetahuai Tinjauan Hukum Islam tentang praktik jual beli larva BSF digrup Facebook Koloni BSF Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau (Field Reseach) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif menggunakan pola pikir induktif. Dalam skripsi ini dapat ditarik kseimpulan sebagai berikut: Pertama, dalam proses praktiki jual beli larva BSF dengan cara mempromosikannya di media sosial Facebook khususnya pada Grup Facebook Koloni BSF Lampung, secara umum sudah memenuhi syarat dengan adanya penjual dan pembeli, objek transaksi yaitu larva BSF atau maggot, terdapat alat tukar yang sah berupa uang, transkasi dilakukan secara langsung maupun tidak langsung (dengan cara dikirim), dan terjadi kesepakatan dan kerelaan antara penjual dan pembeli. Kedua, peneliti menyimpulkan bahwa jual beli larva BSF yang dilakukan oleh para anggota Grup Facebook Koloni BSF Lampung sah menurut hukum islam apabila larva tersebut dimanfaatkan untuk pakan ternak dan hewan peliharaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:31
Last Modified: 02 Aug 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20215

Actions (login required)

View Item View Item