PENGARUH PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB AL-MABADI’UL FIQHIYYAH BAB SHALAT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MIN 1 BANDAR LAMPUNG

Bagus, Mardani (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB AL-MABADI’UL FIQHIYYAH BAB SHALAT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MIN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BAGUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pengetahuan fiqih terlebih pada bab shalat kelas V di MIN 1 Bandar Lampung, dikarenakan kekurangnya jam belajar pada ilmu fiqih sehingga memerlukannya muatan lokal pada ilmu fiqih yang bertujuan agar menopang pengatahuan para peserta didik di bidang fiqih terlebih pada bab shalat yang merupakan suatau pemahaman yang harus dimiliki tiap peserta didik untuk kelangsungan spritualnya (keagamaannya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran muatan lokal kitab al�mabadi‘ul fiqhiyyah bab shalat terhadap hasil belajar fiqih peserta didik MIN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan design faktorial 2x2, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Muatan Lokal Kitab Al-mabadi’ul Fiqhiyyah Bab Shalat dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Bentuk design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling dengan kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara angket (kuesioner), tes dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk mengetahui Hasil Belajar Fiqih peserta didik. Berdasarkan data penelitian yang dihitung dengan menggunakan uji One Way Anova dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan SPSS V 22 didapatkan nilai sig. < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Muatan Lokal Kitab Al-mabadi’ul Fiqhiyyah Bab Shalat Terhadap Hasil Belajar Fiqih Perserta Didik MIN 1 Bandar Lampung. Kata Kunci : Pengaruh Pembelajaran, Muatan Loakal Kitab Al-mabadi’ul Fiqhiyyah Bab Shalat, Hasil Belajar Fiqih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:28
Last Modified: 02 Aug 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20213

Actions (login required)

View Item View Item