T I N J A U A N S I YᾹS A H D U S T Ū R I Y Y A H T E R H A D A P PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 10 TAHUN 2019 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi Satuan Reserse Narkoba Polisi Resort Kabupaten Lampung Utara)

LINDA, KURNIA SARI (2022) T I N J A U A N S I YᾹS A H D U S T Ū R I Y Y A H T E R H A D A P PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 10 TAHUN 2019 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi Satuan Reserse Narkoba Polisi Resort Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Linda Kurnia Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Narkoba memang sudah tidak asing lagi terdengar di Indonesia, peredarannya sangatlah cepat hingga ke setiap wilayah dan angka kasus penyalahgunaan narkoba pun tinggi. Hal ini memaksa pemerintah untuk semakin sigap dalam menindak dan memberantas penyebaran-penyebaran narkoba yang sekarang sudah merambah ke kota-kota kecil di Indonesia. Salah satu nya adalah di provinsi Lampung Kabupaten Lampung Utara. Kabupaten Lampung Utara merupakan salah satu dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung. Kabupaten Lampung Utara menjadi salah satu Kabupaten yang angka kasus narkobanya sangat tinggi, Tercatat terdapat 149 kasus dari 202 tersangka sepanjang 2020 dibanding 2019 sebanyak 137 kasus dari 174, hingga pertengahan agustus 2021 sudah tercatat 107 tersangka. Maka dari itu terkait dengan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, Pemerintah menerbitkan peraturan mengenai narkoba diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba? 2) Bagaimana pandangan Siyāsah dustūriyyah terhadap implementasi pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Lampung Utara ? Adapun tujuan tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui sejauh mana implementasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Bagaimana pandangan Siyāsah dustūriyyah terhadap implementasi pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Lampung Utara. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan ( field research) dengan metode deskriptif analitis yaitu terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba ,Di Kabupaten Lampung Utara dan pandangan Siyāsah dustūriyyah terhadap Peraturan Daerah ini sudah berjalan dan memiliki kemaslahatan bagi manusia sesuai iii dengan tujuan hukum islam, namun memang belum terealisasi secara maksimal berdasarkan data kenaikan angka kasus penyalahgunaan narkoba. Dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi dalam pencegahan dan penanggulangan kasus narkoba di Kabupaten Lampung Utara, kendala-kendala tersebut antara lain; sosialisasi yang dilakukan tidak rutin, fasilitasi yang terbatas, masih adanya oknum�oknum yang menggunakan kekuasaan dan uang untuk memperalat hukum, Yayasan rehabilitasi yang masih kurang luas dan memadai serta belum adanya BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) di Kabupaten lampung Utara sehingga membuat lambatnya pencegahan dan penangkapan terhadap penyalahguna narkoba

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:27
Last Modified: 01 Aug 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item View Item