PENGARUH METODE DEMONSTRASI SAINS PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUALANAK USIA DINI DI TK AL-QUR’AN KABUPATEN PESISIR BARAT

ETI, RUZIANA (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI SAINS PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUALANAK USIA DINI DI TK AL-QUR’AN KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ETI RUZIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran di TK Al-Qur’an yang belum bervariasi. Berdasarkan hasil wawancara pada salah satu guru pengajar ternyata metode demonstrasi masih sangat jarang digunakan. Peneliti melakukan metpde demonstrasi dengan melakukan proses percobaan kapilaritas air, pencampuran warna dan mencampur warna dengan pensil warna. Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara mempertunjukkan secara langsung untuk menampilkan suatu proses terjadinya suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kecerdasan intelektual anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan One Group Pretest�Postest. Alat pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan angket yang diberikan kepada guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di TK Al-Qur’an Bandar Lampung yang memiliki enam kelas yaitu kelas B1,B2,B3,B4,B5 dan B6. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B3 berjumlah 22 anak . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan alat bantu program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kecerdasan intelektual anak usia dini di Tk Al-Qur’an Pesisir Barat. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi sains pencampuran warna terhadap kecerdasan intelektual anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Qur’an Pesisir Barat. Kata Kunci : Metode Demonstrasi,Pencampuran Warna, Kecerdasan Intelektual. iii ABSTRACT This research is motivated by the use of learning methods in the Al-Qur'an Kindergarten which has not been varied. Based on the results of an interview with one of the teaching teachers, it turns out that the demonstration method is still very rarely used. Researchers conducted a demonstration method by conducting an experimental process of water capillarity, mixing colors and mixing colors with colored pencils. The demonstration method is a teaching method by showing directly to display a process of occurrence of an event. This study aims to determine the effect of the demonstration method on children's intellectual intelligence. The approach used is a quantitative approach. The type of research is Pre Experimental Design with One Group Pretest-Postest. Data collection tools in the form of observations, documentation and questionnaires given to teachers. The population in this study were all students in TK Al-Qur'an Bandar Lampung which had six classes, namely classes B1, B2, B3, B4, B5 and B6. The sample in this study is class B3 totaling 22 children . The data analysis technique in this study used the T-test to answer the hypothesis.formula Kolmogorov Smirnov to determine whether the data is normally distributed or not. Quantitative data analysis using SPSS version 25 program tools The results of this study show that there is an effect of the color mixing science demonstration method on the intellectual intelligence of early childhood in Al-Qur'an Pesisir Barat Kindergarten. The results of the Paired Sample T-test showed a significant value of 0.000 <0.05. In accordance with the criteria if the significant value <0.05 means Ho isrejected and Hais accepted. This means that there is an effect of the color mixing science demonstration method on the intellectual intelligence of children aged 5-6 years at the Al-Qur'an Pesisir Barat Kindergarten. Keywords: Demonstration Method, Color Mixing, Intellectual Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:46
Last Modified: 01 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item