PRAKTIK JUAL BELI TEMPO YANG TERLAMBAT MEMBAYAR MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Toko Hijab Nonashop Sukarame Bandar Lampung)

RIKA, APRIYANTI (2022) PRAKTIK JUAL BELI TEMPO YANG TERLAMBAT MEMBAYAR MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Toko Hijab Nonashop Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA APRIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi pada praktik jual beli tempo yang terlambat membayar pada toko hijab Nonashop Sukarame Bandar Lampung. Praktik ini dilakukan dengan menjaminkan kepercayaan saja diantara kedua belah pihak tanpa adanya jaminan yang berharga. Awal transaksi ini dilakukan pengenalan baik antara penjual dan pembeli bertukar informasi baik alamat rumah serta data diri pembeli yang akan melakukan jual beli tempo tersebut. Keterlambatan pembayaran ini dilakukan oleh pihak pembeli, padahal kesepakatan atau perjanjian awal telah dilakukan dalam menentukan harga barang serta lamanya waktu pembayaran barang tersebut. Hal ini yang membuat pihak penjual merasa mengalami kerugian dikarenakan penurunan penjualan dan menghambat perkembangan toko hijab Nonashop ini. Berdasarkan latar belakang diatas terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya adalah bagaimana praktik jual beli tempo yang terlambat membayar pada toko hijab Nonashop, dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik jual beli tempo yang terlambat membayar pada toko hijab Nonashop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang praktik jual beli tempo yang terlambat membayar pada toko hijab Nonashop,dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap praktik jual beli tempo yang terlambat membayar pada toko hijab Nonashop. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), yait riset yang bersumber langsung di toko hijab Nonashop kecamatan Sukarame Bandar Lampung dengan menggunakan metode observasi yang dilakukan pada lokasi penelitian, metode wawancara (interview) yang dilakukan dengan cara Tanya jawab denga responden, dan dokumentasi yang diperoleh dari buku-buku, dokumen atau arsip yang dapat menunjang penelitian. Sedangkan pengolahan datanya dengan teknik pemeriksaan data (editing) terhadap data yang diperoleh, sistematis data (sistematizing) yaitu menyusun data secara sistematis berdasarkan pokok dan sub pokok yang sesuai sehingga dapat dipahami dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan praktik jual beli tempo yang terlambat membayar akad jual beli yang dilakukan di toko hijab Nonashop Sukarame Bandar Lampung telah sesuai dengan hukum Islam,akan tetapi dalam hal pemenuhan kewajiban atau pembayaran transaksi oleh pelanggan kepada penjual mengandung unsur ingkar janji/cedera janji atau biasa disebut dengan wanprestasi yang dilakukan oleh pihak pembeli kepada pihak penjual yang menyebabkan keuntungan penjual tertahan dan pengelolaan toko menjadi terhambat. Namun hal ini diperbolehkan bilaman pihak penjual rela dan ridho, karena unsur tolong- menolong, bantu�membantu dalam bentuk kekeluargaan yang telah terjadi dan sangat jelas dilakukan oleh masyarakat yang telah menjadi budaya dari dulu sampai sekarang dituangkan dalam bentuk perdagangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:49
Last Modified: 01 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item