PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATFFAL DARUSSALAM LAMPUNG SELATAN

AYU, FADILAH (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATFFAL DARUSSALAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU FADILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan nilai-nilai moral anak di Raudatul Atffal Darussalam Lampung Selatan mulai berkembang. Hal ini dapat dilihat pada saat berdoa anak mampu mengikuti guru, menunjukkan rasa menghormati antara peserta didik dengan guru dan tertib saat mengkuti kegiatan baris-berbaris sebelum masuk kelas.Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai moral. Metode penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melibatkan dua orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai moral anak adalah sebagai berikut: (i) rutin memandu kegiatan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sesuai dengan keyakinan untuk membiasakan beribadah, rutin membiasan baris-berbaris secara tertib sebelum masuk kelas, (ii) Terprogram, menghafal surat-surat pendek dan menghafal hadis-hadis pendek dalam kegiatan sehari-hari (iii) Keteladanan menjaga kebersihan diri, bersikap jujur dan bertanggung jawab (iv) Memberikan bimbingan kepada anak agar anak menghormati guru, orangtua dan orang yang lebih tua dan memberi bimbingan agar anak mampu bersikap dalam antrian serta mau bekerjasama dengan teman yang lainya untuk mengerjakan tugas. Dengan tingkat perkembangan nilai-nlai moral anak yang termasuk pada kategori kurang berkembang ada 3 orang anak dengan tingkat presentase 15%, kategori cukup berkembang ada 7 anak dengan tingkat presentase 35% sedangkan kategori berkembang baik ada 8 anak dengan tingkat presentase 40% dan kemampuan anak dengan kategori berkembang sangat baik ada 2 anak dengan tingkat presentase 10%. Kata Kunci: Pengembangan Nilai Moral, Peran Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:26
Last Modified: 01 Aug 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item