EFEKTIVITAS PENERAPAN PASAL 30 PERDA KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Di PKOR Way Halim Bandar Lampung)

Ullynta, Mona Hutasuhut (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN PASAL 30 PERDA KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Di PKOR Way Halim Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRISPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRISPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum adalah suatu keadaan dinamis yang memungkinkan Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan nyaman, tenteram, tertib, dan teratur. Pemerintah daerah kota Bandar Lampung telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang tentram dan tertib serta kedamaian terkhusus bagi masyrakat Bandar lampung. Sangat banyak kendala yang dihadapi oleh pemerintah dalam menangani problematika dalam masyarakat, contohnya adalah Usaha informal atau Pedagang Kaki Lima (PKL), (PKL) tersebut dinilai mengganggu ketertiban masyarakat, kenyamanan dan keindahan kota, karena para pedagang menggunakan ruang publik seperti trotoar untuk pejalan kaki, area parkir, pinggir jalan raya sebagai tempat kegiatan usahanya sehinggan menyebabkan kesemrawutan seperti macet dan kotornya kota akibat sampah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah menyusun kebijakan agar para pedagang tahu di mana tempat yang tepat untuk bisnis mereka, dengan adanya peraturan ini seharusnya pemerintah dapat menertibkan para Pedagang Kaki Lima dan menata ulang tatanan kota juga dapat memanfaatkan lahan kota untuk keperluan ber�usaha Pedagang Kaki Lima tanpa merusak mata pencaharian dan juga menghambat usaha dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti dapat merumuskan pokok masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Efektivitas Penerapan Pasal 30 Perda Kota Bandar Lampung Nomor 1 tahun 2018 dalam menciptakan masyarakat yang tentram dan ketertiban umum sebagaimana yang diharapkan? (2) Bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap ketentraman dan ketertiban umum? Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memberikan informasi data terkait penerapan perda di kota Bandar Lampung. Adapun hasil daripada penelitian ini Efektivitas Penerapan Perda Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum, Pemerintah belum bisa membuat kebijakan yang tegas dalam memberikan sanksi, pembinaan kepada masyarakat dan PKL agar terciptanya maslahat tanpa merugikan salah satu pihak. Maka Efektivitas Penerapan Perda Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum yang dibuat dapat terlihat berjalan dengan baik begitupula dengan masyarakat agar dapat peduli dan patuh terhadap peraturan. Perspektif siyāsah dusturiyyāh pemerintah belum bisa membuat kebijakan yang tegas agar terciptanya maslahat tanpa merugikan salah satu pihak sebagaimana telah dijelaskan pada kaidah fiqh bahwa “segala urusan umat islam harus membawa kepada hal hal yang baik”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:14
Last Modified: 01 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20176

Actions (login required)

View Item View Item