JUAL BELI SPEAKER MUROTTAL QURAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Toko Stokis Halal Network International di Kabupaten Pringsewu)

MUHAMMAD, PANJI KURNIAWAN (2022) JUAL BELI SPEAKER MUROTTAL QURAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Toko Stokis Halal Network International di Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. Panji Kurniawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia menjadi semakin meningkat. Kehidupan manusia di dunia tidak terlepas dari berbagai kebutuhan sehari-hari. Setiap manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk bekerja agar dapat memenuhi kebutuhannya. Selain itu, Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah dengan jual beli. Dalam jual beli speaker murrotal Quran pada Toko Stokis Halal Network International di Pringsewu belum ada kejelasaan mengenai izin dari pemilik asli murottal tersebut. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli speaker murottal Quran pada Toko Stokis Halal Network International di Pringsewu dan bagaimana hukum jual beli speaker murottal Quran pada Toko Stokis Halal Network International di Pringsewu dalam tinjauan hukum Islam. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan memakai metode berpikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan para pihak yang bersangkutan yaitu pihak pemilik toko Stokis Halal Network International dan pembeli speaker murottal Quran pada toko Stokis Halal Network International, sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. Untuk populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pemilik toko stokis Halal Network International dan pembeli speaker murottal di toko Stokis Halal Network International Pringsewu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli speaker murottal Quran menggunakan akad jual beli atau muamalah. Dalam kegiatan transaksi jual beli Speaker Murottal Quran pada Toko Stokis Halal Network International di Pringsewu menerapkan proses jual beli secara langsung dan secara daring (online). Pada proses secara langsung pelaksanaan praktiknya yaitu pihak pembeli langsung datang ke toko untuk menanyakan speaker murottal dan penjual menawarkan harga berdasarkan ukurannya. Namun kenyataannya, akad jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli speaker murottal Quran mengalami cacat akad karna salah satu rukun dan syaratnya tidak terpenuhi, yaitu pada barang yang diperjual belikan. Barang yang diperjual belikan tersebut tidak memenuhi syarat akad jual beli karena isi rekaman dari speaker murottal belum atau tidak mempunyai izin dari pemilik rekamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:11
Last Modified: 01 Aug 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item