LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SENTRA KAWULA MUDA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH LAMPUNG

ALSIFA, PRATIWI (2022) LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SENTRA KAWULA MUDA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALSIFA PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kehidupan anak-anak dan masa kehidupan orang dewasa yang ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan biologis dan psikologis. Pada masa 9transisi ini pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi relatif masih rendah, banyak remaja yang masih menganggap tabu jika membahas tentang persoalan ini terhadap kepada oranglain. Keingintahuan yang begitu besar yang tidak diiringi dengan kecukupan pengetahuan dan informasi tentang kesehatan reproduksi yang benar dan tepat pada tempatnya akan menimbulkan berbagai penyimpangan dan perilaku seksual yang keliru, Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi pada remaja yaitu dengan memberikan bimbingan kelompok untuk memberikan informasi kesehatan reproduksi yang sesuai dengan kebutuhan remaja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan, hasil test dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi` Hasil penlitian menunjukkan Pemahaman remaja terhadap informasi kesehatan reproduksi, cukup paham tentang informasi kesehatan reproduksi setelah melewat beberapa tahapan dalam kegiatan bimbingan kelompok, bimbingan kelompok yang dilakukan oleh Sentra Kawula Muda di Perkumpulan Keluarga Berencanan Indonesia Lampung diadakan satu kali dalam seminggu, yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: 1. yang pertama dengan tahap pembentukan, 2. selanjutnya dengan tahap peralihan, 3. yang ketiga dilanjutkan dengan tahap inti yaitu pelaksanaan kegiatan pemberian informasi yang dirancang dan dilakukan berupa tes tentang kesehatan reproduksi remaja, 4. tahapan terakhir yaitu menyampaikan kesan-kesan selama proses kegiatan berlangsung, dan tetap menjaga kekeluargaan meski bimbingan kelompok diakhiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:07
Last Modified: 01 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20173

Actions (login required)

View Item View Item