PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

ALICIA, ULFI YOLANDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALICIA ULFI YOLANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) Melalui Pendekatan Student Active Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Oleh Alicia Ulfi Yolanda Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman siswa serta interaksi antar siswa. Dalam model pembelajaran CIRC siswa dibentuk menjadi tim – tim kelompok yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 orang heterogen. Sedangkan SAL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada keaktifan siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung sangat berpusat pada guru sehingga kurang mampu untuk merangsang keaktifan siswa dan pemahaman matematis siswa, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC melalui pendekatan Student Active Learning terhadap pemahaman matematis siswa, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling dengan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) melalui Student Active Learning (SAL). Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji anava dua arah (Two Way Analysis Of Variance), dengan taraf signifikansi ≤ 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan (1) model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and iii Composition) melalui pendekatan Student Active Learning memberikan pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition melalui pendekatan Student Active Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa dengan pemahaman matematis ssiwa. Kata Kunci : CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) melaui Student Active Learning (SAL), Pemahaman Matematis, Kemandirian Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:07
Last Modified: 01 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20171

Actions (login required)

View Item View Item