PEMBERDAYAAN PENGRAJIN ANYAMAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

WELLY, RAMADANI SAPUTRA (2022) PEMBERDAYAAN PENGRAJIN ANYAMAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WELLY RAMADANI SAPUTRA.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Ekonomi Masyarakat Di Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, bahwa Indikator dalam meningkatkan produktifitas ini adalah masyarakat yang langsung terlibat dalam mengikuti kegiatan pelatihan anyaman lidi kelapa menjadi kreatif yaitu mampu menciptakan dan mendisain pola dan kreasi mereka. Sehingga ide kreatif mereka dapat berkembang Tujuan dari kegiatan ini yaitu membentuk dan membina sehingga menjadi berdaya dalam menambah pendapatan ekonomi masyarakat yaitu memberikan pelatihan-pelatihan mulai dari proses awal hingga akhir dan juga masyarakat juga dilatih dalam pemasaran melalui online sehingga masyarakat dapat mandiri sehingga dapat menjadikan mata pencaharian tambahan bagi masyarakat. di Desa Jati Baru merupakan bentuk pemberdayaan yang memanfaatkan potensi alam yaitu lidi kelapa yang dikreasikan menjadi sebuah kerajinan yang bernilai jual yang cukup diminati oleh masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini masyarakat dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat kerajinan anyaman lidi yang digunakan untuk sehingga dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah Bagaimana Proses Pemberdayaan Pengrajin Anyaman Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Di Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif. Metode Pengumpulan Data yang digunakan Yaitu, interview, observasi, dokumentasi, dan analisis data Kualitatif. Penulis mengambil data sample dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi 23 orang dan sample 4 orang. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa Proses Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan anyaman lidi kelapa dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat masyarakat yang telah mengikuti pelatihan dapat membuka peluang usaha dalam bidang kerajinan anyaman lidi kelapa sehingga dapat membantu ekonomi keluarga. maka dengan itu kegiatan ini, dapat menggali kemampuan masyarakat, dan memberikan Pelatihan, Pembinaan dan npendampingan dalam pengembangan usaha dan membantu dalam pemasaran. Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan, Menambah Pendapatan Ekonomi Keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:00
Last Modified: 01 Aug 2022 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20170

Actions (login required)

View Item View Item