PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA (STUDI KASUS KARANG TARUNA PULUNG KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT)

AZIZ, MIFTAH AHLUNNAJAH (2022) PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA (STUDI KASUS KARANG TARUNA PULUNG KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skirpsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skirpsi AZIZ MIFTAH AHLUNNAJAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Remaja ialah orang yang baru beranjak dewasa yang menjadi harapan dan cita�cita keluarga, seperti remaja di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Namun remaja di Tiyuh Pulung Kencana mengalami krisis akhlak, dimana remaja sudah mulai terpengaruh oleh budaya dan kebiasaan yang tidak baik dan jarang terlihat jika ada kegiatan keagamaan ataupun kegiatan sosial, mereka mulai tidak peduli dengan kegiatan-kegiatan dan mulai sibuk untuk kehidupannya sendiri. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendekatan psikologi komunikasi dakwah dalam membina akhlak remaja serta faktor pendorong dan faktor penghambat dalam membina akhlak remaja karang taruna Pulung Kencana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau responden. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari masyarakat Tiyuh Pulung Kencana dengan 9 sampel dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku referensi, internet, majalah, atau situs lain yang berkaitan dengan data yang mendukung penelitian ini. Metode pengumpulan data dari wawancara dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini dalam pendekatan psikologi komunikasi dakwah yang dilakukan masyarakat Tiyuh Pulung Kencana untuk meningkatkan akhlak remaja melalui kegiatan-kegiatan seperti pengajian, hadroh, manaqib, istiqhosah, kegiatan kemanusiaan yang mendukung masyarakat kurang mampu, memberikan peralatan kematian gratis, bank sampah, seni, dan olahraga. Dari kegiatan tersebut tidak semua remaja dapat mengikuti kegiatan yang telah diselenggarakan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan psikologi komunikasi dakwah dilakukan untuk meningkatkan akhlak remaja yang dilakukan melalui pengembangan akhlak dan penanaman ilmu keIslaman yang dicapai melalui kegiatan-kegiatan pemuda. Adapun faktor pendukung diperoleh dari kepalo Tiyuh yang menyambut baik ekitensi karang taruna untuk melakukan kegiatan positif, tidak hanya itu ditemukan penghambat dalam pendekatan yang dilakukanyaitu banyaknya alasan remaja, kebosanan dan kestabilan yang bisa mempengaruhi kondisi remaja lainnya, serta kurangnya kesadaran struktur organisasi atas kewajiban membangkitkan setiap tugas dari bidang masing-masing struktur organisasi. Kata Kunci : Pendekatan Psikologi Komunikasi Dakwah, Membina Akhlak Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:48
Last Modified: 01 Aug 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item