PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Rika, Hartanti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Rika Hartanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Mesuji, karena model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih belum bervariatif dan cenderung monoton sehingga membuat peserta didik jenuh terhadap materi dan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Mesuji ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan design faktorial 2x2, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Bentuk design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara angket (kuesioner), tes dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan data penelitian yang dihitung dengan menggunakan uji Two Way Anova dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan SPSS V 22 didapatkan nilai sig. < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar pendidikan agama islam ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:22
Last Modified: 29 Jul 2022 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item