PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE AKTIVITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs DARUSSALAM MESUJI

PAISAL, TANJUNG (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE AKTIVITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs DARUSSALAM MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PAISAL FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan dari proses pembelajaran yang dilakukan membuat aspek pendidikan juga berkembang dengan pesat dan harus diimbangi dengan proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai. Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan Menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif. Berdasarkan hasil pra-penelitian di MTs Darussalam Mesuji diperoleh informasi bahwa masih kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran market place activity dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Darussalam Mesuji. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MTs Darussalam Mesuji di Kelas VII dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 Siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran market place activity yang ditunjukkan pada hasil setiap siklusnya, yaitu pada siklus I dan siklus II mendapatkan besar persentase 62,5% dan 79,1%. Maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran market place activity dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Darussalam Mesuji. Kata Kunci: Market Place Activity, Model Pembelajaran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:13
Last Modified: 29 Jul 2022 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20166

Actions (login required)

View Item View Item