MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SD NEGERI 1 KERTOSARI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TITI, WIZAENI (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SD NEGERI 1 KERTOSARI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_TITI_WIZAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada anak khususnya pada siswa Sekolah Dasar karena pendidikan karakter baik ditanamkan sejak dini. Pendidikan karakter dinilai berhasil apabila anak telah menunjukkan habit atau kebiasaan berprilaku baik. Untuk mencapai tujuan tersebut peran Kepala Sekolah sangat penting sebagai pemimpin tertinggi di sekolah. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan manajemen untuk mengelola sekolah agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen dalam artian perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil pra penelitian di SD Negri 1 Kertosari bahwa ada beberapa indikator yang dilaksanakan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perencanaan yang dilakukan Kepala Sekolah, Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan Kepala Sekolah, Bagaimana evaluasi Kepala Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan yang dilakukan Kepala Sekolah, pelaksanaan yang dilakukan Kepala Sekolah, evaluasi Kepala Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan di SD Negri 1 Kertosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan. Sumber data dari penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pemilihan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter bagi siswa di SD Negri 1 Kertosari sudah berjalan sesuai dengan indikator perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan mengidentivikasi program�program, pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembinaan siswa, dan evaluasi dengan mengamati bimbingan secara langsung. peneliti merekomendasikan sebagai berikut a) sekolah meningkatkan program�program yang ada b) meningkatkan rasa tanggung jawab guru untuk membina siswa. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Kepala Sekolah, Manajemen iv ABSTRACT Character education is very important to be instilled in chilodren, especially elementary school students because good character educcation is instilled from an early age. Character education is considered successful if the child has shown good behavior or habits. To achieve this goal, theprincipal’s role is very important as the highest leader in the school. In achieving these goals, management is needed to manage the school in order to achieve the goals that have been set. Management in terms of planning, implementation,and evaluation in achieving goals that are affective and efficient. Based on the results of pre-study at SD Negri 1 Kertosari that there are several indicators implemented, namely : planning, implementation and evaluation. The formulation of the problem in this study are : how is the planning carried out by the principal. The purpose of this study was to find out how the planning was carried out by the principal, the implementation carried out by the principal, and the evaluation of the principal. This study uses a qualitative approach, this research was conducted at SD Negri 1 Kertosari, Tanjungsari District, South Lampung Regency. Sources of data from the study were obtained from interview, observation and documentation techniques. Data analysis is done by selecting data, presenting data, drawing conclusions. While the validity of the data using technical triangulation and source triangulation. The results show that the principal’s management in improving character education for students at SD Negri 1 Kertosari has been running according to the planning indicators carried out by the principal by identifying programs, implementation is carried out through student coaching activities, and evalution by observing direct guidance. The researcher recommends the following a) schools improve existing program b) increase teacers’ sense of responsibility to nurture students. Keywords : Character Education, Principal, Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:46
Last Modified: 29 Jul 2022 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20163

Actions (login required)

View Item View Item