PENGARUH KETELADANAN DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

RIYANTO, ADI KUSUMAH (2022) PENGARUH KETELADANAN DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia pendidikan keteladanan dan kedisiplinan guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan karakter peserta didik. Peran tersebut begitu nampak pada pola pendidikan pesantren seperti di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Dimana peserta didik (santri) berada di asrama bersama guru-gurunya selama 24 jam, sehingga apa yang dilihat, didengar, dan dikerjakan oleh santri dari gurunya merupakan unsur-unsur dalam pembentukan karakter santri. Untuk itu penulis mencoba mengkaji fenomena yang terjadi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7, yang mana keteladanan dan kedisiplinan guru sudah baik akan tetapi karakter santri khususnya santri kelas 1 masih kurang. Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk meneliti lebih lanjut. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Apakah terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7? (2) Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan guru terhadap terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7? (3) Apakah terdapat pengaruh keteladanan dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7? Penelitian ini bertujuan untuk:(a).Mengetahui pengaruh Keteladanan Guru di Pondok Modern Darussalam Gontor dapat mempengaruhi pembentukan karkter santri di PMDG Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(b)Mengetahui pengaruh Kedisiplinan Guru dalam mempengaruhi pembentukan karakter santri di Pondok Modern Darsussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(3) Mengetahui pengaruh Keteladanan Guru dan Kedisiplinan Guru Secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalinda Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 161 peserta didik dan sample penelitian sebanyak 148 peserta didik. Penelitian ini menggunakan angket kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. iii Hasil penelitian ini mengungkapkan dua penemuan. Pertama, tentang Manajemen Pembentukan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Melalui Keteladana Dan Kedisiplinan Guru yaitu : 1. Pengarahan, 2. Pelatihan, 3. Penugasan, 4. Pembiasaan, 5. Pengawalan, 6. Uswatun Hasanah. Penerapan Keteladanan dan Kedisiplinan Guru dalam Manajemen Pembentukan Karakter Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 adalah sangat efektif ditinjau dari implementasi dengan nilai-nilai pembentukan karakter yang menjadi landasan pendidikan karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor dengan menggunakan teori manajemen 1. Perencanaan (planning), 2. Pengorganisasian (organizing) 3. Pelaksanaan (actuating) 4. Pengawasan (controling). Hasil Penelitian melalui analisis data dan uji hipotesis menunjukan bahwa Pengaruh Variabel X1 Keteladanan Guru memeliki pengaruh sebesar (0,511) 51,1% terhadap Variabel Y Pembentukan Karakter Santri, Pengaruh Variabel X2 Kedisiplinan Guru memeliki pengaruh sebesar (0,391) 39,1% terhadap Variabel Y Pembentukan Karakter Santri, maka Pengaruh Keteladanan Guru dan Kedisiplinan Guru memiliki pengaruh sebesar (0,552) 55,2% Terhadap Pembentukan Karakter Santri. Kata Kunci : Keteladanan Guru, Kedisiplinan Guru, Karakter Santri iv ABSTRACT In the world of education the exemplary and the discipline of teacher has a important role in creating the character of students. The role is so visible in the Islamic Boarding School like ini Gontor Campus 7. Student is in dormitory with their teacher for 24 hours, so that what is seen, heared, and done by student from his teacher are as character education. From the description above, it can be formulated research problem as follow : (1) Is there an influence of teacher's example on student character building at Darussalam Modern Islamic Boarding School Camous 7? (2) Is there an influence of teacher's discipline on student character building at Darussalam Modern Islamic Boarding School Camous 7? (3) Is there an influence together of teacher's example and teacher's disciplin on student character building at Darussalam Modern Islamic Boarding School Camous 7? This study aims to: (a). To know the influence of teacher's examplary Pondok Modern Darussalam Gontor can affect the value of student character building at PMDG Campus 7 Kalianda South Lampung. (b) To know the influence of teacher's discipline can affect the value of student character building at PMDG Campus 7 Kalianda Lampung South. (3) Knowing the influence of teacher's examplary and teacher's discipline on the value of student character building at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 Kalinda South Lampung. This type of research is quantitative with a population of 161 students and the research sample is 146 students. This study used a questionnaire as a data collection tool and in this study used simple linear regression analysis and multiple linear regression. The results of this study revealed two findings. First, regarding the Management of Character Building at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 through Teacher Modeling and Discipline, namely: 1. Direction, 2. Training, 3. Assignment, 4. Habituation, 5. Escort, 6. Uswatun Hasanah. The application of Teacher Example and Discipline in the Management of Santri Character Building at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 is very effective in terms of implementation with character building values which are the foundation of character education at Pondok v Modern Darussalam Gontor by using management theory 1. Planning (planning), 2. Organizing 3. Actuating 4. Controlling. The results showed that the influence of Variable X1 on Teacher's Examplary had an effect of (0.551) 55,1% on Variable Y Student Character Building, the Effect of Variable X2 on Teacher's Discipline had an effect of (0.391) 39,1% on Variable Y Student Character Building, then the Effect of Teacher's Examplary and Teacher's Discipline have an influence of (0.552) 52,2% on Student Character Building. Keywords: Teacher's Examplary, Teacher's Discipline, Student Character Building

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:04
Last Modified: 29 Jul 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20157

Actions (login required)

View Item View Item