ANALISIS KOMPETENSI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN TANGGAMUS

SUNDUSIAH, Ali Rohmat (2022) ANALISIS KOMPETENSI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN TANGGAMUS. Doctoral thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CAVER BAB 1-2, DAPUS FIKSS.pdf] PDF
Download (23MB)
[thumbnail of DISERTASI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan aktor terdepan dan menjadi tolak ukur utama dalam menyiapkan generasi muda menjadi individu yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan serta memiliki kepribadian yang baik sehingga mampu bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan terutama kepada Allah SWT sehingga harus menguasai seluruh kompetensi yang disyaratkan dalam Undang-Undang yakni kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis empat kompetensi tersebut yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, empat madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Tanggamus menjadi subjek dan informan penelitian yakni: MIN 1 Tanggamus, MIN 2 Tanggamus, MI Mathla'ul Anwar Landbaw dan MI Mathla'ul Anwar Kedatuan Talang Padang. Sampel diambil secara purposive sampling dan data dianalisa dengan analisis kualitatif. Dari seluruh pembahasan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat banyak aspek dari kompetensi guru madrasah ibtidaiyah di Tanggamus khususnya pada kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional yang belum menunjukkan hasil yang memuaskan sehingga memerlukan upaya pengembangan oleh seluruh pihak terkait. Selain itu, dengan mengkaji karakteristik dari potret guru madrasah favorit dan teladan, maka dapat diketahui adanya potensi spiritualitas kerja guru yang dipercaya memiliki andil yang sangat besar dalam menentukan kualitas kompetensi guru. Dengan dioptimalkannya potensi spiritualitas kerja guru dengan prinsip dan strategi pelaksanaan yang tepat, maka upaya pengembangan seluruh kompetensi guru madrasah dan peningkatan kualitas pembelajaran akan dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan efektif. Kata Kunci: Kompetensi, Guru Madrasah Ibtidaiyah v ABSTRACT Sundusiah, NPM: 1686031031, The Competency of Educators of Madrasah Ibtidaiyah in Tanggamus Regency, Disertation. Doctoral Program of UIN Raden Intan Lampung 2022. Teachers can be considered as main actors and contributors in preparing young generation in mastering science, technology and skills while also have a good personality so that they are able to be responsible to themselves, their families, society, the nation, and especially to Allah SWT. Therefore, teachers should master all the competencies required namely pedagogical, personal, social and professional competences. This study aims to describe the quality of the teachers based on the four competencies which are implemented in Madrasah Ibtidaiyah throughout Tanggamus Regency. This research is a qualitative research with a descriptive approach. In this study, madrasah Ibtidaiyah in Tanggamus Regency became research subjects and informants, namely: MIN 1 Tanggamus, MIN 2 Tanggamus, MI Mathla'ul Anwar Landbaw and MI Mathla'ul Anwar Kedatuan Talang Padang.. Samples were taken by purposive sampling and data were analyzed with qualitative analysis. From the result description and discussion, it can be concluded that there are many aspects of the competence of madrasah ibtidaiyah teachers in Tanggamus, especially on pedagogic competence and professional competence that have not shown satisfactory results which need development efforts by all relevant parties. In addition, by examining the characteristics of favorite and exemplary madrasa teachers, it can be seen that there is a potential for the spirituality of teacher which is believed to have a very large role in determining the quality of teacher competence. By optimizing the potential for the spirituality of teachers with the specified principles and implementation strategies, efforts to develop teacher competencies and improve the quality of learning can be carried out optimally and more effectively. Keywords: Competency, Madrasah Educator

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 10:47
Last Modified: 28 Jul 2022 10:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item