MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MAN 1 BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, RIDHO (2022) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover -  Bab II + dapus M Ridho.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of REVISI SIDANG TERBUKA 2022 M.RIDHO 2086131030.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen dalam sebuah organisasi menempati posisi strategis dalam keseluruhan proses pendidikan. Manajemen itu memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga manajemen lembaga pendidikan akan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efesien. Untuk itu diperlukan sesosok pemimpin pendidikan atau kepala madrasah yang mampu meningkatkan prestasi akademik dan Non Akademik. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik dan Non Akademik pada MAN 1 Bandar lampung, (2) Untuk mengetahui implementasi Kepala Madrasah dalam menyelesaikan berbagai kendala dalam meningkatkan prestasi akademik dan Non Akademik siswa pada MAN 1 Bandar Lampung, (3) Untuk mengenalisis evaluasi strategi tentang faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi akademik Non Akademik siswa pada MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primernya yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, peserta didik dan pendidik. Analisis data menempuh tiga langkah yaitu reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menemukan : (1) manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah menyusun konsep yang jelas dan terperinci serta mudah dilaksanakan. Tahapannya adalah menyusun perencanaan, melakukan seleksi, melakukan pembinaan, memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk berkarya dan memberikan hasil terbaik dengan cari menunjang bekal dan pelatihan extra kepada calon peserta didik berpresta baik jalur prestasi dan non prestasi akademik. (2) upaya kepala madrasah dalam menyelesaikan berbagai kendala dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah memperkuat kesolidan guru, membuat program yang berbeda, menjalin komunikasi yang efektif, melengkapi sarana dan prasarana, kepala madrasah membuat kebijakan, progam dan kegitan. (3) faktor- faktor yang yang menjadi penentu dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik adalah faktor internal kebersamaan antar tenaga pendidik, kekeluargaan diantara civitas akademik untuk pembahasan kendala-kendala kecil (Rpat), mencari problem solving bersama agar kualitas pelayanan terhadap meningkatkan prestasi peserta didik semakin prima, memantau dan melaporkan keadaan peserta didik dan faktor eksternal meliputi dukungan madrasa, networking, sarana prasarana, guru tambahan (Coach). Kata kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Prestasi Akademik dan Non Akademik vii vii ABSTRACT Management in an organization occupies a strategic position in the entire educational process. This management provides clarity of direction in the business process of providing education, so that the management of educational institutions can be carried out more effectively and efficiently. For this reason, an educational leader or madrasa head is needed who is able to improve academic and non-academic achievements. The objectives of this study are: (1) to describe how the formulation of the madrasa principal's strategy in improving academic and non-academic achievement at MAN 1 Bandar Lampung, (2) to determine the implementation of the madrasa principal in solving various obstacles in improving student academic and non�academic achievement at MAN 1 Bandar Lampung, (3) To identify the evaluation strategy about what factors are the determinants in improving the academic achievement of non-academic students at MAN 1 Bandar Lampung. This study uses a qualitative approach, data collection methods through observation, interviews and documentation. The primary data sources are the head of the madrasa, waka for student affairs, students and educators. Data analysis took three steps, namely data reduction, display and drawing conclusions. Test the validity of the data using the triangulation technique. The results of this study found: (1) the management of madrasah principals in improving students' academic achievement ware to develop clear and detailed concepts that were easy to implement. The stages are planning, conducting selection, conducting coaching, providing facilities for students to work and providing the best results by seeking to support extra provisions and training for prospective students with high achievements, both achievement and non�academic achievements. (2) the efforts of the head of madrasa in solving various obstacles in improving the academic achievement of students were strengthening the solidity of teachers, making different programs, establishing effective communication, completing facilities and infrastructure, the head of madrasas making policies, programs and activities. (3) the factors that determine students' academic achievement were internal factors of togetherness among educators, kinship among the academic community to discuss small obstacles (Rpat), seeking joint problem solving so that service quality can improve student achievement. getting better, monitoring and reporting on the condition of students and external factors including madrasa support, networking, infrastructure, additional teachers (Coach). Keywords: Principal Management, Academic and Non-Academic Achievements

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 09:56
Last Modified: 28 Jul 2022 09:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item