PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

RIAS, PUTRI RIZKI (2022) PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of Full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dalam penerapan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Ratu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Edmodo, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Blended Learning dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas control yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, pada hipotesis pertama yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran blended learning berbantuan edmodo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa, pada hipotesis kedua yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Hipotesis ketiga yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembalajaran Blended Learning, Edmodo, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:54
Last Modified: 28 Jul 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item View Item