PENGARUH KOREAN AMBASSADOR DAN BRAND PERSONALITY TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YOUNG CONSUMER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung)

Mega, Ayu Ariska (2022) PENGARUH KOREAN AMBASSADOR DAN BRAND PERSONALITY TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YOUNG CONSUMER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Mega Ayu Ariska.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya iklan-iklan yang menggunakan Brand Ambassador Korea untuk menarik pelanggan di era milenial ini termasuk Indonesia. Salah satu yang mengikuti trend tersebut yaitu Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh korean Ambassador dan Brand Personality Tokopedia terhadap keputusan pembelian Young Consumer berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Fokus penelitian terdiri dari variabel dependent: X1) Korean Ambassador, X2) Brand Personality, dan variabel independent: Y) keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara studi pustakaan serta penyebaran kuesioner secara online dan offline kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis, uji T, uji F, dan Koefisien Determinasi (R²), dan analisis regresi linier berganda. Data diolah dengan menggunakan software SPSS16 dan Microsoft excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel Korean Ambassador terhadap keputusan pembelian Young Consumer, sementara terdapat pengaruh signifikan antar variabel Brand Personality terhadap variabel keputusan pembelian Young Consumer, berdasarkan hasil uji t. Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam pada mahasiswa MBS telah terealisasikan dengan baik dengan hasil nilai rata-rata indikator 3,67. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam bahwasannya pemenuhan kebutuhan ataupun keinginan tetap dibolehkan selama hal itu mampu menambah mashlahah atau tidak mendatangkan mudharat. Karena Islam berpandangan bahwa hal terpenting yang harus dicapai dalam aktivitas konsumsi adalah maslahah. Kata kunci: Korean Ambassador, Brand Personality Keputusan Pembelian Young Consumer. ABSTRACT This research is aimed by the number of advertisements that use Korean Brand Ambassadors to attract customers in this millennial era, including Indonesia. One of those who follow the trend is Tokopedia. The purpose of this study is to determine the influence of Korean Ambassadors and Tokopedia's Brand Personality on Young Consumers' purchasing decisions based on an Islamic economic perspective. The method used in this research is quantitative. The research focus consists of the dependent variable: X1) Korean Ambassador, X2) Brand Personality, and independent variables: Y) purchasing decisions. The data collection technique used in this research is by references study and distributing online and offline questionnaires to 100 respondents. The data analysis method used in this research is descriptive test, validity and reliability test. The data analysis technique used is hypothesis testing, T test, F test, and the determination coefficient (R²), and multiple linear regression analysis. The data was processed using SPSS16 software and Microsoft Excel 2010. The results of this study indicate that there is no significant effect between Korean Ambassador variable towards Young Consumers purchasing decisions, while there is a significant influence between Brand Personality variables towards Young Consumers purchasing decision variables, in a line with the t test result. Based on the Islamic Economics Perspective on MBS students it has been realized well with the avarage results of indicator value of 3.67. This is in accordance with Islamic teachings that the fulfillment of needs or desires is still allowed as long as it is able to increase maslahah or does not bring any problem. Because the most important thing of islamic view that must be achieved in consumption activities is maslahah. Keywords: Brand Personality, Korean Ambassador, Young Consumers Purchasing Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:21
Last Modified: 28 Jul 2022 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item