SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DI SEKOLAH

JIHAN, AFIFAH (2022) SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DI SEKOLAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan pendidikan di Indonesia mengedepankan transformasi nilai-nilai filosofis sehingga peran keluarga, masyarakat, dan pemerintah sangat mempengaruhi, pendidikan merupakan proses yang berlangsung secara berkelanjutan yang berakar pada nilai budaya bangsa dan pancasila Fleksibelitas dan dinamisme dalam dunia pendidikan memang harus dihadapi oleh pengajar, guru dan dosen sebagai agen perubahan dalam pendidikan harus membekali dan meningkatkan pengetahuan terhadap isu-isu global, dimana yang dibahas dalam beberapa tahun ini adalah konsep pembelajaran sosial emosional. Pembelajaran sosial emosional atau social emotional learning adalah proses pengembangan kesadaran diri, pengendalian diri, dan keterampilan interpersonal yang penting diterapkan untuk siswa di sekolah Pembelajaran sosialemosional (sosial emotional learning ) atau SEL untuk jangka pendek, adalah konsep penting dalam pendidikan karena merupakan kerangka kerja di mana siswa memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk menavigasi melalui sekolah, kehidupan kerja, dan seterusnya. Secara khusus, kerangka membantu dengan pelestarian diri, pengendalian diri, pembangunan hubungan, dan pengambilan keputusan. Melalui pembelajaran sosial-emosional, siswa dapat memperoleh alat-alat berikut, yang diperlukan untuk menetapkan tujuan bagi diri mereka sendiri: memecahkan masalah, bertahan dalam menghadapi kesulitan, memperjuangkan keadilan sosial, berempati dengan orang lain, bertanggung jawab, memimpin dengan memberi contoh, dan menetapkan jenis perilaku yang paling memprediksi keberhasilan jangka panjang dalam kehidupan modern. Kata Kunci : Pembelajaran, social emosional, Self Awareness iv iv ABSTRACT The implementation of education in Indonesia prioritizes the transformation of philosophical values so that the role of the family, community, and government greatly influences, education is a process that takes place in a sustainable manner rooted in the nation's cultural values and Pancasila. lecturers as agents of change in education must equip and increase knowledge of global issues, which have been discussed in recent years the concept of social emotional learning. Social emotional learning or social emotional learning is the process of developing self-awareness, self-control, and interpersonal skills that are important for students in school Socio-emotional learning, or SEL for short, is an important concept in education because it is the framework through which students acquire the skills necessary to navigate through school, work life, and beyond. Specifically, the framework helps with self�preservation, self-control, relationship building, and decision making. Through socio-emotional learning, students can acquire the following tools, which are needed to set goals for themselves: solving problems, surviving in the face of adversity, fighting for social justice, empathizing with others, being responsible, leading by example, and determine the types of behavior that best predict long-term success in modern life. Keywords: Learning, social emotional, Self Awareness

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:30
Last Modified: 28 Jul 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20133

Actions (login required)

View Item View Item