HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTAIDIK DI SMP NEGERI 03 REBANG TANGKAS

WIDI, SETIAWATI (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTAIDIK DI SMP NEGERI 03 REBANG TANGKAS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WIDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru sudah sesuai dengan standar prosesnya, beberapa peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sebagaimana mestinya dan mendapatkan prestasi belajar yang baik tetapi terdapat beberapa peserta didik yang memperoleh prestasi belajar dengan nilai cukup,peserta didik sering terlambat mengumpulkan tugas, tidak mengikuti proses belajar sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah, tidak datang mengambil dan mengumpulkan tugas,serta kurang memiliki motivasi diri,pengaturan diri,kesadaran diri yang dikelola dengan baik.Sehingganya masalah yang timbul menyebabkan multitafsir yang menarik untuk diteliti apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 03 Rebang Tangkas. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung melalui kuesioner/ angket kemudian data sekunder diperoleh melalui dokumentasi nilai rapor. Semua data yang diperoleh merupakan bahan-bahan untuk mencari hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik .Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 03 Rebang Tangkas.Sampel penelitian ini 23 peserta didik kelas VIIIA dan 22 peserta didik kelas VIIIB dengan metode purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta didik sebanyak 30 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1.)sebagian besar responden dalam penelitian ini memiliki kategori skor kecerdasan emosional sedang sebanyak 30 (67%) peserta didik,10 (22%) berada pada kategori tinggi dan 5 (11%) berada pada kategori skor rendah, 2) sebagian besar peserta didik dalam penelitian ini memiliki prestasi belajar dengan kategori rendah berjumlah 4 (9%) dengan nilai 73-76, pada kategori sedang yaitu sebanyak 32 (71,1%) peserta didik dengan nilai 77-80,dan pada kategori tinggi adalah berjumlah (20%) dengan nilai 81-84. Hasil perolehan analisis korelasi menunjukan bahwa 1.) Nilai signifikansi sig. (2-tailed) pada variabel kecerdasan emosional (X) dan prestasi belajar (Y) adalah 0,000<0,05 diartikan bahwa terdapat kolerasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut. 2.) iv diketahui nilai r hitung untuk variabel kecerdasan emosional (X) dan prestasi belajar (Y) adalah sebesar 0,963> r tabel 0,294 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel kecerdasan emosional (X) dengan variabel prestasi belajar (Y) 3.) Nilai r hitung atau pearson correlation dalam analisis ini bernilai positif maka hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif ,dengan kata lain semakin meningkatnya atau semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin meningkat pula prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 03 Rebang Tangkas. 4.) Nilai r hitung yaitu 0,963 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik mempunyai hubungan yang sangat kuat. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional,Prestasi Belajar,Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:26
Last Modified: 28 Jul 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20124

Actions (login required)

View Item View Item