STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH ARIF RAHMAN HAKIM BANDAR LAMPUNG

GISKA, SAPTA MULIA (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH ARIF RAHMAN HAKIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GISKA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang dijalankan agar tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Minat nasabah untuk menggunakan produk Gadai Syariah di Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim dari tahun 2019 hingga tahun 2021 terus mengalami peningkatan. Akan tetapi, peningkatan jumlah nasabah tersebut ternyata belum mampu mencapai tujuan atau jumlah target nasabah yang sudah ditentutkan tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perusahaan pesaing atau lembaga keungan lain yang menawarkan produk gadai. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana strategi pemasaran produk gadai yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar Lampung dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gadai yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar Lampung dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Terdapat tiga langkah prosedur analisis data, yaitu reduksi data, pengajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan tektik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar Lampung dalam menarik minat nasabah untuk menggunakan produk Gadai Syariah yaitu dengan menentukan perencanaan pemasaran (marketing mix) dengan empat tahapan yaitu menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen, memilih pasar sasaran, menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan, dan memilih strategi pemasaran. Dalam memilih strategi pemasaran, Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar iii Lampung menerapkan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 7P, antara lain ptrategi produk (Product), strategi harga (Price), strategi lokasi (Place), strategi promosi (Promotion), strategi orang (People), strategi proses (Process), dan strategi lingkungan fisik (Physical Evidence). Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Gadai (Rahn), Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:08
Last Modified: 28 Jul 2022 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item View Item