KOMUNIKASI PERSUASIF DAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA JAMA’AH MAJELIS TAKLIM AN-NISA DUSUN II B DESA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN

MIKKE, MASKARWATI DEVI (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF DAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA JAMA’AH MAJELIS TAKLIM AN-NISA DUSUN II B DESA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIKE MASKARWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Majelis taklim dijadikan sebagai lembaga dakwah oleh da’i dalam melakukan komunikasi persuasif secara efektif. Komunikasi persuasif bertujuan untuk mengajak, merayu serta mempengaruhi masyarakat agar bertindak sesuai apa yang diharapkan oleh dai agar dapat menanamkan nilai-nilai islam dalam kehidupan. Masyarakat di Dusun II B Desa Way Galih Lampung Selatan, penduduknya 100% beragama islam. Seharusnya masyarakat dengan mayoritas beragama Islam bisa secara keseluruhan mengikuti kegiatan keagamaan dalam majelis taklim. Namun, hal tersebut bertolak belakang dengan pemahaman yang kurang dari masyarakat, terlihat nyata masih banyak masyarakat belum memahami seperti apa ibadah yang harus dilaksanakan untuk mengamalkan nilai-nilai Islam sesuai dengan syariat islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses komunikasi persuasif dan efektivitas dai dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada jamaah majelis taklim An-Nisa Dusun II B Desa Way Galih. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Risearch) yang bersifat deskriptif kualitatif. populasi dalam penelitian ini berjumlah 8 orang dengan rincian 2 dai dan 6 jamaah majelis taklim An-Nisa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari informan pengurus, jama’ah dan da’i majelis taklim. Sedangkan data sekunder merupakan data pelengkap yang diperoleh dari buku-buku literature, informan lain yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses komunikasi persuasif dai dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada jamaah majelis taklim An-Nisa dusun II B Desa Way Galih, Lampung selatan taklim melalui beberapa proses. Pertama, dai berusaha melakukan pendekatan pada aspek psikologis bertujuan untuk membangun keakraban agar tidak muncul rasa canggung antara dai dan jama’ah. Kedua, dai menciptakan perhatian jama’ah majelis taklim untuk menanamkan nilai-nilai Islam dengan menggunakan tahapan. 1. Assosiasi yaitu dai mengilustrasikan suatu kejadian atau peristiwa yang bersifat fakta , 2. Integrasi yaitu dai menggunakan bahasa yang ringan serta mudah iii untuk didengar dan dipahami oleh jama’ah majelis taklim dengan menggunakan multi bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. 3. Pay-ff yaitu untuk memberikan pemahaman dengan mudah di setiap melakukan tausiah yaitu dengan menciptakan kenyamanan antara dai dan madu. 4. icing yaitu dai tidak hanya menyampaikan materi secara teori saja namun harus dapat memperkiraan pesan tersebut sampai dengan baik atau tidak kepada komunikannya. Ketiga, dai membuka sesi tanya jawab kepada jama’ah untuk bertanya melalui sesi tanya jawab dan diskusi. Komunikasi persuasif yang dilakukan dai untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada jamaah Majelis Taklim An-Nisa sudah efektif sesuai dengan unsur komunikasi dan menimbulkan efek kognitif, afektif dan behavioral kepada jamaah. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Da’i, Nilai-nilai islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:39
Last Modified: 28 Jul 2022 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20115

Actions (login required)

View Item View Item