PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI PENALARAN MATEMATIS

Anis, Qoiriah (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI PENALARAN MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI PENALARAN MATEMATIS Oleh Anis Qoiriah Matematika tidak terlepas dari suatu permasalahan kontekstual. Olehnya seorang siswa harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Peneliti memperkenalkan sebuah model pembelajaran yang mampu menjembatani siswa dalam pemecahan masalah, ialah Creative Problem Solving (CPS) terintegrasi islam. Model pembelajaran ini bukan hanya berfokus dalam pembelajaran namun juga pada akhlak siswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CPS terintegrasi islam terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA ditinjau dari penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design sebagai jenis penelitian kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah serta tes penalaran matematis dengan uji hipotesis analisis variansi dua jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas dengan model pembelajaran Creative Problem Solving memiliki perbedaan dengan kelas yang menggunakan model konvensional, dimana kelas dengan model CPS memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingan dengan konvensional. Model pembelajaran CPS dan konvensional juga memiliki interaksi dengan penalaran matematis tipe tinggi, sedang, rendah. Siswa dengan tipe tinggi, sedang, rendah pada kelas eksperimen memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terintegrasi islam, kemampuan pemecahan masalah, penalaran0matematis. iii ABSTRACT THE INFLUENCE OF ISLAMIC INTEGRATED CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) LEARNING ON THE PROBLEM SOLVING ABILITY OF HIGH SCHOOL STUDENTS FROM MATHEMATIC REASONING By Anis Qoiriah Mathematics can not be separated from a contextual problem. Therefore, a student must have the ability to solve the problems at hand. The researcher introduces a learning model that is able to bridge students in problem solving, namely the Islamic Integrated Creative Problem Solving (CPS). This learning model not only focuses on learning but also on student morals. Therefore, this study aims to determine the effect of Islamic integrated CPS learning on the problem-solving abilities of high school students in terms of mathematical reasoning. This study uses a Quasi Experimental Design as a type of quantitative research. The sample selection used cluster random sampling. Data collection techniques in this study used a problem�solving ability test and a mathematical reasoning test with a two-way analysis of variance hypothesis testing. The results of this study indicate that the class with the Creative Problem Solving learning model has differences with the class that uses the conventional model, where the class with the CPS model has higher problem solving abilities than conventional ones. The CPS and conventional learning models also have interactions with high, medium, and low types of mathematical reasoning. Students with high, medium, low types in the experimental class had higher results than the control class. Keywords: Islamic Integrated Creative Problem Solving (CPS) Learning Model, problem solving ability, mathematical reasoning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:24
Last Modified: 28 Jul 2022 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item