PENGARUH MEDIA BELAJAR SMPARPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID 19 DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

MELISA, ANGGRAINI (2022) PENGARUH MEDIA BELAJAR SMPARPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID 19 DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MELISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan smartphone sebagai mediapembelajaran dalam proses belajar siswa dapat menimbulkan 2dampak yaitu dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dan juga dapat menurunnya hasil belajarsiswa, tergantung pada siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisispengaruh media belajar smartphone terhadap hasil belajar peserta didik pada masa covid-19 di MAN 1 Lampung Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 siswaMAN 1 Lampung Tengah. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media belajar smartphone berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah, Kemudian analisis koefisien korelasi yang menunjukkan adanya hubungan yang masuk kategori kuat antara media belajar smartphone terhadap hasil belajar siswa pada masa covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Tengah.Selanjutnya berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,471 atau 47,1 % maka dapat dikatakan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (media belajar smartphone) terhadap variabel dependen (hasil belajar) sebesar 47,1 % sedangkan sisanya sebesar 52,9 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Kata kunci: Hasil Belajar, Media Belajar Smartphone iv ABSTRACT The use of smartphones as a medium of learning in the process could cause 2 the impact of student learningnamely can increase students' learning result and may also lowerstudents' learning result, depends on students itselt. This research aims to review and analyze influence of smartphone learning media to students's learning result in the covid-19 in MAN 1 Central Lampung. Sample used in this research was 92 students of MAN 1 Central Lampung.The method of analysis in this research is simple linear regression analysis. The analysis used in this research program is spss 20. version. The result of this research prove thatsmartphone learning mediahave had a significant and positive impact on students's learning result in the covid-19 in MAN 1 Central Lampung, then correlation coefficient analysis indicated a relatoinship that in strong category between smartphone learning media to students's learning result in the covid-19 in MAN 1 Central Lampung.Next based on deternimation coefficients value (R2 ) 0,471or47,1 % than said that contribution percentage independent variable influence (smartphone learning media) todependent variable (students's learning result) is47,1 % while the rest of52,9 % be influenced or explained by another factorthat not included in this model. Kata kunci: Learning Result, Smartphone Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:16
Last Modified: 27 Jul 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20098

Actions (login required)

View Item View Item