PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMAN 16 BANDAR LAMPUNG

Utami, Adiningsih (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMAN 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMA N 16 BANDAR LAMPUNG Peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam meningkatkan sikap religius siswa. Dengan adanya peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan, motivator, fasilitator, dan konselor akan menunjang sikap religius siswa secara perlahan untuk kemudian mencapai sikap religius yang sesuai dengan ajaran agama islam itu sendiri. Di era kehidupan yang sekarang, para remaja cenderung memiliki sikap religius yag rendah ditandai dengan siswa yang bersikap kurang sopan dalam hal berbicara dan perbuatan, tidak mau mengikuti kegiatan keagamaan yag ada di sekolah, tidak disiplin, mengobrol saat jam pembelajaran belum usai dan masih banyak lagi. Dengan adanya peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan yang memberikan contoh yang baik untuk peserta didiknya akan mempengaruhi sikap religius yag dimiliki oleh para peserta didik. Karena keteladan merupakan kunci pokok dalam sebuah proses pembelajaran dan semua tingkah laku yang dilakukan oleh guru akan menjadi contoh yang baik untuk peserta didik apabila guru tersebut melakukan hal-hal baik begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap religius siswa kelas XI di SMA N 16 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan langsung oleh peneliti di Di SMA N 16 Bandar Lampung terkhusus di kelas XI. Wawancara dilakukan peneliti dengan pihak-pihak terkait yaitu guru Pendidikan Agama Islam kelas XI dan siswa kelas XI untuk mendapatkan data pertama. Dokumentasi diantaranya daftar nama guru-guru dan jumlah siswa keseluruhan, kondisi sekolah seperti sarana dan prasarana di SMA N 16 Bandar Lampung. Menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan triangulasi untuk menguji keabsahan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap religius siswa kelas XI Di SMA N 16 Bandar Lampung yaitu peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan, motivator, fasilitator dan konselor sangat berpengaruh dan menunjang sikap religius yang dimiliki oleh siswa hal ini ditandai dengan siswa mampu bersikap sopan dalam berbicara dan perbuatan, siswa mampu mengikuti kegiatan keagamaan seperti sholat berjama’ah, rohis, serta rutin membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan baik, siswa memiliki sikap disiplin seperti hal nya masuk kelas tepat waktu, tidak bolos saat jam pelajaran, dan tidak ngobrol saat guru menyampaikan materi, siswa mampu menerima nasihat-nasihat dari guru, dan siswa mampu berbuat baik kepada teman-temannya meski berbeda keyakinan. Walaupun tidak semua siswa mengalami perubahan kearah yang lebih baik tetapi ini patut untuk diberi pujian atas siswa-siswi yang sudah mau dan mampu untuk meningkatkan sikap religius mereka dengan melakukan perbuatan dan perubahan kearah yang lebih baik atas bimbingan dan peran guru Pendidikan Agama Islam di sekolah. Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap Religius Siswa iv ABSTRACT The results of the research that the researcher has done show that the role of Islamic Religious Education teachers in improving the religious attitudes of class XI students at SMA N 16 Bandar Lampung, namely the role of Islamic Religious Education teachers as role models, motivators, facilitators and counselors is very influential and supports students' religious attitudes. This is indicated by students being able to be polite in speaking and deed, students being able to participate in religious activities such as congregational prayers, spirituality, and regularly reading prayers before and after learning well, students having disciplined attitudes such as entering class on time, not skipping class time, and not chatting when the teacher delivers the material, students are able to accept advice from the teacher, and students are able to do good to their friends even though they have different beliefs. Although not all students experience changes for the better, this deserves to be praised for students who are willing and able to improve their religious attitudes by taking actions and changes for the better for the guidance and role of Islamic Religious Education teachers in schools. This study aims to describe the role of Islamic Religious Education teachers in improving the religious attitudes of class XI students at SMA N 16 Bandar Lampung. This research is a type of qualitative research with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Observations were carried out directly by researchers at SMA N 16 Bandar Lampung, especially in class XI. Interviews were conducted by researchers with related parties, namely Islamic Religious Education teachers in class XI and students in class XI to obtain the first data. Documentation includes a list of teachers' names and the total number of students, school conditions such as facilities and infrastructure at SMA N 16 Bandar Lampung. Using data analysis techniques in the form of data collection, data reduction, data presentation, and triangulation to test the validity of the data that has been collected. The results of the research that the researcher has done show that the role of Islamic Religious Education teachers in improving the religious attitudes of class XI students at SMA N 16 Bandar Lampung, namely the role of Islamic Religious Education teachers as role models, motivators, facilitators and counselors is very influential and supports students' religious attitudes. This is indicated by students being able to be polite in speaking and deed, students being able to participate in religious activities such as congregational prayers, spirituality, and regularly reading prayers before and after learning well, students having disciplined attitudes such as entering class on time, not skipping class time, and not chatting when the teacher delivers the material, students are able to accept advice from the teacher, and students are able to do good to their friends even though they have different beliefs. Although not all students experience changes for the better, this deserves to be praised for students who are willing and able to improve their religious attitudes by taking actions and changes for the better for the guidance and role of Islamic Religious Education teachers in schools. Keywords: The Role Of Islamic Religius Education Teacher, Student’s Religious Attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:52
Last Modified: 27 Jul 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item