HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 3 SUKABARU LAMPUNG SELATAN

RAFA, NABILA SYAH (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 3 SUKABARU LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAFFA NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 3 SUKABARU LAMPUNG SELATAN Oleh Rafa Nabila Syah Pemecahan masalah matematika merupakan suatu usaha mencari jalan keluar dimana seseorang dihadapkan pada konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah matematika. Akan tetapi, tanpa kesadaran, kemauan, serta keterlibatan peserta didik proses belajar tidak akan berhasil. Efikasi diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam mengelola dan mengatasi situasi yang dihadapi, sehingga peserta didik yang memiliki efikasi diri tinggi akan lebih merasa percaya diri dalam memecahkan masalah. Dengan demikian, semakin tinggi efikasi peserta didik akan semakin tinggi juga motivasi nya untuk memecahkan masalah. Selain efikasi diri, peserta didik dituntut untuk memiliki sifat mandiri. Dengan kemandirian yang tinggi peserta didik tidak akan bergantung dengan orang lain sehingga mampu menyelesaikan masalah matematika secara individu. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN 3 Sukabaru Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN 3 iii Sukabaru Lampung Selatan dengan nilai Sig 0.000 dan nilai pearson correlation positif sebesar 0.469; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN 3 Sukabaru Lampung Selatan dengan nilai Sig 0.035 dan nilai pearson correlation positif sebesar 0.390; ada hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN 3 Sukabaru Lampung Selatan dengan nilai Sig 0.004 dan nilai Fhitung 6,103 > Ftabel 3,18 serta dengan nilai R sebesar 0,443. Kata Kunci : Self Efficacy, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:16
Last Modified: 27 Jul 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20085

Actions (login required)

View Item View Item