PENGARUH MODEL CHALLENGE BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DALAM PENANGANAN SAMPAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

HESTI, MUTYA RUKMI (2022) PENGARUH MODEL CHALLENGE BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DALAM PENANGANAN SAMPAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HESTI MUTYA RUKMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah merupakan permasalahan nasional karena berkaitan dengan pola hidup serta budaya masyarakat. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu sampah organik dan anorganik. Salah satu cara menangani sampah adalah dengan daur ulang, dalam proses daur ulang memerlukan kreativitas karena harus mencetuskan produk – produk baru dari sampah. Kreativitas merupakan kemampuan dalam menemukan hal yang bersifat baru atau dapat mengembangkan sesuatu yang sebelumnya sudah ada. Model pembelajaran yang cocok untuk menumbuhkan kreativitas adalah Challenge Based Learning karena terdapat tahap big ideas, essential question, the challenge, guilding (question, activities, resources), solution, dan assesment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model challenge based learning terhadap kreativitas dalam penanganan sampah pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik kelas X di SMA Al – Azhar 3 Bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment dan desain Post-test Only Control Grup Design. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik Cluster random sampling dan dihasilkan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi. Penelitian yang dilakukan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung memperoleh rata-rata nilai angket 73 untuk kelas eksperimen dan 59 untuk kelas kontrol, serta nilai rata-rata lembar observasi 55 untuk kelas eksperimen dan 23 untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata dari kedua intrumen yang digunakan dalam penelitian didapatkan nilai rata-rata akhir 64 untuk kelas eksperimen dan 42 untuk kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Challenge Based Learning berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik dalam penanganan sampah. Kata kunci : Challenge Based Learning, Kreativitas, dan Penanganan sampah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:10
Last Modified: 27 Jul 2022 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item View Item