TINJAUAN SIYASAH DUSTURIAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH LAMPUNG TENGAH NO 13 TAHUN 2012 PASAL 6 AYAT 1 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan)

YOGA, PRASETYO (2022) TINJAUAN SIYASAH DUSTURIAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH LAMPUNG TENGAH NO 13 TAHUN 2012 PASAL 6 AYAT 1 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA PRASETYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang hingga kini masih menjadi masalah serius di Indonesia ialah masalah sampah. Di perumahan kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan, antara peraturan dan implementasinya di lapangan tidak sesuai. Karena apa yang diatur oleh Perda tidak dilaksanakan oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan sampah di Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah berdasarkan peraturan daerah 13 tahun 2012 pasal 6 ayat 1 dan bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pengelolaan sampah yang ada di Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2012 pasal 6 ayat 1 di wilayah Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Siyasah dusturiyah terhadap pengelolaan sampah yang ada di Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian (field research). Adapun sifat nya adalah deskriptif kualitatif. Metode pengelolaan data dengan cara pemeriksaan data (editing) dan sistematisi data (systematizing). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah Lampung Tengah nomor 13 tahun 2012 pasal 6 ayat 1 tentang pengelolaan sampah belum berjalan sepenuhnya. Pemerintah belum melakukan beberapa upaya yang sesuai dengan peraturan daerah dalam mengendalikan permasalahan sampah di wilayah Perumahan Kopkar Dwi Karya Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Dalam tinjauan siyasah dusturiah pelaksanaan pengelolaan sampah belum sesuai dengan syariat Islam, dikarenakan belum terdapat tanggungjawab dari para pelaksana kebijakan peraturan daerah mengenai pengelolaan sampah kepada warga di perumahan. Kata Kunci: Pengelolaan Sampah, Peraturan Daerah, Siyasah dusturiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:01
Last Modified: 27 Jul 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20081

Actions (login required)

View Item View Item