TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG JUAL BELI ETHEREUM DI APLIKASI PLUANG (Studi Pada Pengguna Aplikasi Pluang di Bandar Lampung)

NADILA, TEGUH FITRI (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG JUAL BELI ETHEREUM DI APLIKASI PLUANG (Studi Pada Pengguna Aplikasi Pluang di Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADILA TEGUH FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem jual beli mata uang digital (cryptocurrency) atau lebih dikenal sebagai trading di pasar uang semakin berkembang dari masa ke masa termasuk ethereum yang hanya dapat dilakukan dengan aktivitas transaksi online, kegiatan transaksi trading ini menarik minat para khalayak umum untuk mencoba bertransaksi secara online dan menjadikannya sebagai hobi bahkan profesi sehari�hari, sebagaimana yang dijalankan oleh para pengguna aplikasi Pluang yang ada di Bandar Lampung. Dengan kemudahan penyedia pasar uang dengan broker pialang online trading menjadi berkembang banyak dan pesat, salah satunya penyedia broker online yaitu aplikasi Pluang. Masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana praktik jual beli mata uang digital di Pluang dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah tentang jual beli ethereum di aplikasi Pluang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hukum yang berlaku berdasarkan syariat Islam mengenai kegiatan praktik jual beli ethereum dengan menggunakan aplikasi Pluang yang dipraktikan oleh pengguna aplikasi Pluang yang ada di Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), dengan metode penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisa data yang bersifat umum kemudian disimpulkan secara khusus, dimana mempunyai kesimpulan seperti diterima, didukung, memperkuat, meragukan, mengkritik, bahkan membantah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan praktik transaksi jual beli ethereum dengan aplikasi Pluang yang dipraktikan oleh para penggunanya di Bandar Lampung tidak sesuai dengan hukum Islam karena dalam praktiknya ditemukan bahwa kegiatan praktik transaksi tersebut mengandung unsur spekulasi atau untung-untungan, ketidakjelasan (gharar), dan maysir yang sangat dilarang dalam syariat Islam. Para pengguna aplikasi ini sudah sangat jelas diketahui bahwa tujuan utama mereka melakukan transaksi tersebut pada aplikasi Pluang yaitu hanya untuk mencari keuntungan semata. Kata Kunci : Ethereum, Cryptocurrency, Pluang, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:24
Last Modified: 27 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item