PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN VIDEO PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA

USWATUN, HASANAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN VIDEO PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep adalah suatu kemampuan peserta didik dalam menerima materi yang telah diberikan oleh pendidik dan dapat mengungkapkannya kembali ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk dipahami serta dapat mengembangkan bahkan mengklasifikasikan ke dalam kehidupan nyata. Berdasarkan hasil pra penelitian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA di SMAN 1 Palas masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan video pada platform youtube terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Palas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan video pada platform youtube, kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai sig. < 0,05 sehingga H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh. Berdasarkan uji lanjut dengan menggunakan uji scheffe dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan video pada platform youtube terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Pemahaman Konsep Matematika, Video pada Platform Youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:51
Last Modified: 27 Jul 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item View Item