PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN

Risqi, Tuberta (2022) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL _ Risqi Tuberta_1811070290.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Media Pembelajaran merupakan alat perantara dalam memberikan materi kepada anak didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa serta mempengaruhi mengembangkan kemampuan berbahasa anak sehingga dapat mendorong proses belajar pada dirinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan efektifitas media Wayang sebagai sarana pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ISI-ARE yang mempunyai 6 tahapan yaitu: (1) Investigation (2) Strategy (3) Improve (4) Assessment (5) Realization (6) Estimation. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validas materi, lembar validasi media, lembar validasi bahasa, lembar kepraktisan guru, dan lembar respon siswa penelitian ini dilakukan di PAUD Harapan Bunda dan RA Mahmudah Pesawaran. Berdasarkan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media Wayang dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif bagi guru untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Proses pengembangan dilakukan dengan memulai pembuatan produk media Wayang dengan tokoh karakter kartun buatan Indonesia yaitu Nussa dan Rara yang terbuat dari vahan dasar triplek da pewarnaan kayu. Kelayakkan media Wayang dapat diilihat dari hasil validasi penilaian ahli materi mencapai pesentase rata-rata sebesar 98,33% dengan kriteria interpretasi sangat layak. Ahli media memberikan penilaian dengan persentase rata-rata sebesar 88,57% dengan kriteria sangat layak. Dan ahli bahasa memberikan penilaian dengan persentase rata-rata sebesar 82,85% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media Wayang yang dikembangkan peneliti layak digunakan saat penelitian di lapangan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa produk media Wayang sebagai sarana pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini pada kelompok usis 4-5 tahun. Kata kunci: Media Wayang, Model ISI-ARE, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:39
Last Modified: 08 Aug 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item