PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MAYA, DAMAYANTI (2022) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan entitas bisnis yang mempunyai peranan strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional. Kontribusi UMKM menjadi tulang punggung perekonomian negara terlihat dalam perannya sebagai pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan stabilitas nasional. Selain itu, UMKM juga sebagai wadah untuk penciptaan wirausaha baru. Wirausaha saat ini dihadapkan dengan gelombang revolusi industri 4.0, yang mengharuskan UMKM untuk memeriksa ulang cara mereka dalam menjalankan bisnis, sehingga tidak tergilas di tengah persaingan. Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk merupakan pelopor sekaligus penguatan untuk memiliki keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu sebanyak 44 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dengan menggunakan program SPSS (Statictical Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel orientasi kewirausahaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM (Y) di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Untuk variabel orientasi pasar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM (Y) di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Serta untuk variabel inovasi produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM (Y) di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Secara simultan variabel orientasi kewirausahaan (X1), orientasi pasar (X2) dan inovasi produk (X3) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing (Y) UMKM di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Ditinjau dalam ekonomi Islam seorang wirausaha dianjurkan untuk berorientasi pada kewirausahaan, berorientasi pada pasar dan melakukan inovasi dalam segala bentuk bisnis dan usaha yang halal atau diperbolehkan sesuai syari’at dan tidak melanggar aturan syari’at yang ada dalam bentuk apapun. Karena Islam memandang proses usaha sebagai motivasi utama dalam pencapaian kesuksesan dan kesejahteraan. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:23
Last Modified: 26 Jul 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item