PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DENGAN MENGONTROL SELF ESTEEM PESERTA DIDIK SMP

ALQINDI, ROHMAH DHIMYATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DENGAN MENGONTROL SELF ESTEEM PESERTA DIDIK SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (22MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran sangat dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah matematika, selain itu penting untuk menunjang keberhasilan pemebelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik UPTD SMPN 1 Bandar Sribhawono masih tergolong rendah, karena peserta didik kurang berlatih dalam menyelesaikan berbagai tipe masalah matematika dan kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis dan dengan mengontrol self esteem peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis peta konsep dan self esteem terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Bandar Sribhawono. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah sample random sampling dengan materi statistika. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket self esteem dan tes kemampuan penalaran adaptif matematis. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis peta konsep terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis dengan mengontrol self esteem peserta didik SMP. (2) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat self esteem terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis. (3) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran problem solving berbasis peta konsep dan self esteem terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa SMP. Kata kunci : Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Self Esteem, Pembelajaran Problem Solving Berbasis Peta Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:59
Last Modified: 26 Jul 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20047

Actions (login required)

View Item View Item