PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

Cahyaning, Sri Asih (2022) PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Cahyaning Sri Asih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di SMPN 2 Sragi Lampung Selatan diketahui bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa masih rendah. Hal dapat tersebut dapat diketahui dari cara siswa mengerjakan soal, dimana indikator dari kemampuan berpikir reflektif belum dikuasai siswa yakni beberapa siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanya soal, melainkan menjawabnya langsung. Siswa tidak mengoreksi kembali jawaban yang telah mereka jawab dan tidak menyimpulkan solusi dari soal tersebut. Sekolah menggunakan model Ekspositori, dimana pembelajaran berpusat diguru dan guru menjelaskan materi kemudian siswa diberikan latihan soal. Hal ini mengakibatkan pembelajaran dalam kelas menjadi pasif. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya pengaruh siswa yang diberlakukan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan pendekatan Etnomatematika terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. 2) mengetahui adanya pengaruh tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. 3) mengetahui interaksi antara model pembelaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian ini merupakan penelitan Quasy Experimental Design dengan rancangan faktorial 3×4. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 2 Sragi Lampung Selatan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Segiempat dan Segitiga. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan tiga kelas sampel. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan angket tipe kepribadian. Teknik dan pembahasan hasil perhitungan uji analisis dua variansi dua jalan sel tak sama diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan pendekatan Etnomatematika terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Pendekatan Etnomatematika, Kemampuan Bepikir Reflektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:47
Last Modified: 26 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item