MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT

ERPAWAN, AN PASYA (2022) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PASYA FIKS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan pelayanan publik di badan amil zakat nasional (baznas) krui pesisir barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Pelayanan Publik. Pertama Perencanaan yaitu mempersiapakan sumber daya manusia (pegawai), menyiapkan fasilitas pelayanan seperti (ATK, Komputer, dll) serta melakukan penjadwalan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Kedua Seleksi yakni melakukan proses seleksi dilakukan sesuai dengan yang diperlukan oleh pihak BAZNAS yaitu dengan tes tertulis dan tes wawancara terhadap sumber daya manusia yang sudah dipilih. Jika sumber daya manusia sudah lolos seleksi atau diterima sebagai petugas pelayanan, maka dikeluarkan surat keterangan (SK). Ketiga Penempatan yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional Krui Kabupaten Pesisir Barat dengan cara yaitu terbagi menjadi tiga bagian (a)Melayani mustahik dan muzakki secara langsung dengan cara datang langsung ke kantor Badan Amil Zakat Nasional Krui Kabupaten Pesisir Barat. (b) Cara mengakses jaringan internet untuk sekedar mencari informasi tentang Badan Amil Zakat Nasional Krui Kabupaten Pesisir Barat karena di internet pihak Baznas sudah menggunakan akun media sosial seperti Instagram dan Facebook yang dapat dihubungi kapan saja oleh calon mustahik dan muzakki. (c) Untuk mustahik yang ingin memberikan zakat pada Baznas bisa melalui rekening yang sudah tentera dari Baznas disitu juga terdapat dua bagian rekening yang ingin digunakan mustahik dengan rekening Inpaq Shodaqoh yaitu: 393.03.01.02228.4 serta rekening untuk Zakat : 393.03.04.05709.7. Keempat Selanjutnya yaitu penampilan dan penilaian kerja sumber daya manusia dalam peningkatan pelayanan publik dilakukan dengan melihat penampilan dan penilaian sumber daya manusia melalui beberapa tahap yakni dari segi tingkah laku, hasil pekerjaaan, tingkat ketidakhadiran, untuk menemukan seberapa jauh diperoleh sumber daya manusia tersebut dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Kelima pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan pelayanan publik dengan cara pelatihan khusus sesuai bidang masing-masing yang di selenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Krui sendiri serta mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Provinsi dengan demikian akan terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas serta merata akan pengetahuan dan terbaru sesuai bidang masing-masing. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manuisa, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:43
Last Modified: 25 Jul 2022 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item View Item