PERSPEKTIF MAQASYID SYARI’AH TERHADAP PERAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGATASI KEMACETAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

LIANA, YUNITA SARI (2022) PERSPEKTIF MAQASYID SYARI’AH TERHADAP PERAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGATASI KEMACETAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIANA YUNITA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kemacetan merupakan masalah yang sangat sulit dikendalikan karena meningkatnya para pemilik kedaraan, serta jumlah kendaraan di Bandar lampung. Dari kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, bahkan kendaraan beban berat yang dapat menimbulkan kemacetan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Dalam Mengatasi Kemacetan Di kota Bandar Lampung? dan bagaimana perspektif Maqasyid Syari’ah Peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Dalam Mengatasi Kemacetan Di kota Bandar Lampung?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengatasi Kemacetan di Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui perspektif Maqasyid Syari’ah terhadap peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengatasi Kemacetan di Kota Bandar Lampung. Jenis penilitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan deskriptif kuantitatif yang merupakan data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan untuk memperoleh data melalui observasi dan wawancara kepada 10 narasumber langsung kepada Dinas Perhubungan Kota Bandar lampung dan para masyarakat pengguna jalan raya dan yang merasakan dampak dari kemacetan yang terjadi di Kota Bandar Lampung, pada kesempatan ini penulis ingin mencari informasi yang akurat dan terpercaya hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan fakta atau kondisi di lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengatasi Kemacetan di Kota Bandar Lampung sesuai sesuai dengan Pasal 12 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 3 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Bandar Lampung yang menyatakan Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana tugas Walikota, mempunyai tugas Pokok melaksanakan urusan pemerintahan Kota dibidang Perhubungan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Untuk menyelengarakan tugas pokok, Dinas Perhubungan menyelenggarakan iii fungsi: perumusan kebijakan teknis dibidang Perhubungan, penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang perhubungan, pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang perhubungan, pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota dibidang Perhubungan dan pelayanan administratif. Perspektif Maqasyid Syari’ah terhadap peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengatasi Kemacetan di Kota Bandar Lampung telah memenuhi syarat-syarat untuk menggunakan Maqasyid Syari’ah sebagai hujjah karena dalam penggunaannya terdapat manfaat, menghindar dari kesulitan dan berjalan sesuai kehendak syara’. penggunaan kepentingan umum ini adalah sebagai salah satu sumber yurisprudensi hukum Islam dan merupakan suatu hal yang telah disepakati sebagai metode alternatif dalam menghadapi perkembangan hukum Islam. Kata Kunci: Peran, Dinas Perhubungan, Kemacetan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:26
Last Modified: 25 Jul 2022 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item