TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PRESIDEN NOMOR 99 TAHUN 2020 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19 (Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung)

Arisqi, Sepwidiyanti (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PRESIDEN NOMOR 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PRESIDEN NOMOR 99 TAHUN 2020 TENTANG PENGADAAN VAKSIN DAN PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19 (Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARISQI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Telah diketahui bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya preventif untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Pengadaan vaksin virus corona telah dilakukan, vaksinasi pun telah dilaksanakan dan dilakukan secara bergilir. Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah masyarakat menolak untuk divaksin. Meski MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah menguji dan menetapkan bahwa kandungan dalam vaksin tersebut halal digunakan untuk masyarakat muslim. Berbagai alasan muncul dari mereka yang tidak ingin divaksin. Mulai dari kekhawatiran efek samping dari vaksin tersebut sampai dengan keraguan masyarakat terhadap kehalalan dari vaksin yang berasal dari China. Masyarakat menolak untuk divaksinasi dengan mengaitkan tentang hak asasi yang dimiliki pada setiap manusia. Kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang pemahaman pentingnya vaksinasi bagi masyarakat awam yang menyebabkan timbulnya pro dan kontra dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid�19 yang dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung? Bagaimanakah tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tersebut? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan studi lapangan. Karena dalam prosesnya melibatkan informan untuk mendapatkan informasi yang akan diperoleh dari mereka yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Perpres ini. Sehingga penulis dapat memperoleh hasil yang objektif sesuai keadaan yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang program vaksinasi di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung telah diterapkan kepada masyarakat dan pihak terkait, meskipun masih terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya, seperti di antaranya adalah kurangnya partisipasi masyarakat, banyak berita hoax yang menimbulkan keraguan pada masyarakat untuk melaksanakan kebijakan ini. Diakui bahwa berdasarkan penetapan sanksi dalam Perpres inilah yang mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi sebagaimana upaya yang diterapkan pemerintah guna menanggulangi pandemi Covid-19. Untuk itu, dapat ditarik iii kesimpulan bahwa implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang program vaksinasi sudah berjalan sebagaimana mestinya. Demikian juga ditinjau dari perspektif fiqh siyasah Perpres ini sudah sesuai dengan kaidah fiqh yang terkandung tentang dibentuknya perundang-undangan dengan tujuan demi kemaslahatan bersama. Kata kunci: Covid-19, Fiqh Siyasah, Vaksinasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:21
Last Modified: 25 Jul 2022 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20026

Actions (login required)

View Item View Item