PANDANGAN FIQIH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG NO 02 TAHUN 2018 PASAL 7 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulang Bawang)

ANITA, MILENIA SARI DAMANIK (2022) PANDANGAN FIQIH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG NO 02 TAHUN 2018 PASAL 7 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Revisi skripsi Anita M.S.D.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tata tertib dan ketentraman masyarakat itu sangat penting dilaksanakan dikarenakan segala peraturan sangat wajib dilakukan oleh masyarakat kabupaten Tulang Bawang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak baik. Peraturan Daerah (Perda) merupakan salah satu jenis peraturan perundang-undangan, fungsinya sangat strategis yaitu sebagai instrument kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah. Kabupaten Tulang Bawang khusus nya di Kota Menggala sering terlihat masyarakat yang tidak mematuhi ketertiban dijalan raya seperti melanggar rambu lalu lintas seperti lampu merah, maka dari itu pemerintah harus cepat menangani masyarakat yang tidak mematuhi yang tidak mematuhi peraturan. Latar belakang yang penulis jabarkan maka rumusan masalah yang akan dipecahkan yaitu , Bagaimana pelaksanaan penertiban lalu lintas dalam Peraturan Daerah (Perda) No 02 Tahun 2018 Pasal 7 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat oleh satuan Polisi Pamong Praja? dan Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah Tanfidziyyah terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang No. 02 Tahun 2018 Pasal 7 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman ? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah agar mengetahui pelaksanaan penertiban lalu lintas dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, serta untuk mengetahui pelaksanaan atau implementasi penertiban lalu lintas di Menggala Kabupaten Tulang Bawang oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulang Bawang menggunakan Fiqh Siyasah Tanfidziyyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (Field Reserch) yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara wawancara atau berdialog dengan objek peneliti. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Pelaksanaan atau Implementasi penertiban lalu lintas yang mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) No 02 Tahun 2018 Pasal 7 oleh Satuan Polisi Pamong Praja belum berjalan dengan optimal karena sanksi yang diberikan kurang tegas dan dapat dilihat bahwa masyarakat Tulang Bawang khususnya Menggala masih banyak yang melanggar lalu lintas, serta belum adanya penyidik yang bertugas menyelidiki masyarakat yang melanggar lalu lintas dan kurangnya personil dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulang Bawang Untuk berjaga di lampu merah terminal menggala. 2. Pelaksanaan atau Implementasi penertiban lalu lintas oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulang Bawang dilihat dari Fiqh Siyasah Tanfidziyyah menyebutkan bahwa cukup jelas bahwa ketetapan larangan sesuai dengan Q.S Annisa (4): 59 dimana kita harus taat kepada Allah dan Ulil Amri diantara kalian hal ini mencerminkan bahwa kita harus taat pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:52
Last Modified: 25 Jul 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item