PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

WAHYUNI, ANNISA FASHA (2022) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 &B BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WAHYUNI AF .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan produk berupa modul interaktif berbantuan kvisoft flipbook maker pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI dan mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media sehingga menghasilkan media yang valid, efektif dan responsive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa modul interaktif berbantuan kvisoft flipbook maker yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan pendidik dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang telah dikembangkan Robert Maribe Branch tersebut, yang terdiri dari lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Penelitian ditunjukan kepada peserta didik kelas IV SD Insan Mandiri Bandar Lampung dan peserta didik MIN 2 Bandar Lampung sera kedua walikelas dari sekolah tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada validator untuk mengetahui kelayakan dan angket peserta didik dan pendidik untuk mengetahui respon dan kelayakan modul. Berdasarkan hasil dari validator ahli media mendapatkan persentase 85,15% dengan kriteria “Sangat Layak”, dari validator ahli materi mendapatkan persentase 81,25% dengan kriteria “Sangat Layak” dan dari validator ahli bahasa mendapatkan persentase 88,27% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian hasil uji coba peserta didik skala kecil mendapatkan persentase 88% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba peserta didik skala besar mendapatkan hasil persentase 80,44% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan respon pendiidk mendapatkan 91,7% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Kata kunci: Modul Interaktif, Kvisoft Flipbook Maker, Tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:28
Last Modified: 25 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item